Bagikan:

JAKARTA – Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani berhasil mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia dari para bulu tangkis di Paralimpiade Paris 2024.

Pasangan itu naik podium tertinggi setelah berhasil menjadi juara di nomor ganda campuran SL3-SU5 di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Senin, 2 September 2024, siang WIB.

Pada partai puncak tersebut, Ratri/Hikmat mengalahkan kompatriot mereka, Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah, dalam pertandingan dua gim langsung 21-16 dan 21-15.

Adapun kekalahan di final membuat Fredy/Khalimatus harus puas mendapat medali perak. Ini adalah perak keempat yang diamankan oleh Kontingen Indonesia.

Total, sejauh ini Indonesia sudah mengamankan tujuh medali di Paralimpiade Paris 2024. Perinciannya satu medali emas, empat perak, dan dua perunggu.

Selain dari ganda campuran, bulu tangkis juga menyumbang satu perak dari tunggal putri Qonitah Ikhtiar Syakuroh yang bermain di klasifikasi SL3. Pada laga final, Qonita kalah melawan tunggal putri China, Xiao Zuxian.

Sebelum itu, satu medali perak lainnya juga didapat oleh atlet dari boccia, Muhammad Bintang Satria Herlangga, dari nomor individual BC2 putra.

Bintang Satria berhasil membawa pulang medali perak setelah di babak final yang berlangsung di Paris South Arena, ia takluk 1-6 melawan atlet Thailand, Worawut Saengampa.

Raihan itu adalah medali ketiga dari cabang olahraga (cabor) boccia. Dua medali perunggu sebelumnya sudah terlebih dahulu diamankan oleh Gischa Zayana dan Muhammad Afrizal Syafa.

Adapun satu medali perak lainnya didapat oleh pelari andalan Saptoyogo Purnomo di nomor 100 meter putra klasifikasi T37. Pencapaian itu merupakan medali pertama yang didapat Indonesia di Paralimpiade Paris 2024.