Bagikan:

JAKARTA - Juara Liga Champions Real Madrid menghadapi problem besar di laga melawan Atalanta di Piala Super Eropa atau UEFA Super Cup di Stadion Narodowy, Warszawa, Polandia, Kamis, 15 Agustus 2024 dini hari WIB. Kehadiran Kylian Mbappe menjadikan pelatih Carlo Ancelotti harus bisa menyelesaikan problem tersebut.

Mbappe dan kemudian Endrick yang datang ke Santiago Bernabeu menjadikan lini depan Madrid kian sesak. Di sektor itu sudah ada duo Brasil, Vinicius Junior dan Rodrygo Goes. Selain itu ada Brahim Diaz dan Jude Bellingham.

Buntutnya beredar rumor bila Rodrygo bakal dilego untuk mengurangi kesesakan pemain di depan. Dirinya pun sudah dibidik Manchester City. Namun Rodrygo menolak pindah ke klub Premier League Inggris tersebut.

Terakhir, Vinicius mendapat tawaran gaji 1 miliar euro per tahun bila bersedia pindah ke Arab Saudi. Hanya saja Vinicius pun menepis tawaran menjadi pemain dengan gaji tertinggi di muka bumi itu dan bertahan di Madrid.

Ancelotti setengah bercanda mengatakan bila kehadiran Mbappe dan Endrick menjadi problem besar yang sungguh 'mengganggu liburannya'. Dia seperti dikutip Irish Examiner harus berpikir keras mendapatkan komposisi terbaik dengan pemain berlimpah.

Namun Ancelotti memastikan bahwa perekrutan pemain depan tak menjadi masalah bagi dia. "Tidak ada masalah karena kami bakal melakoni banyak pertandingan. Saya tidak akan menurunkan 11 pemain yang sama untuk 70 pertandingan dalam satu musim," kata Ancelotti.

Mantan pelatih Juventus dan AC Milan yang sukses di Serie A Italia, Bundesliga Jerman, La Liga Spanyol. Ligue 1 Perancis hingga Premier League Inggris ini menyatakan tak sulit menyiapkan skuat terbaik. Apalagi, Don Carlo, sebutannya, tak pernah mengistimewakan pemain tertentu.

"Tidak ada namanya pangeran atau raja di sini," katanya tegas. "Atmosfer di sini juga bersih dan menyehatkan. Atmosfer yang pernah diciptakan oleh pemain yang pernah dan masih berada di sini seperti Nacho Fernandez, Dani Carvajal, [Luka] Modric dan [Federico] Valverde," ujar dia lagi.

Laga di Piala Super menjadi ujian pertama Ancelotti menurunkan Mbappe bersama Bellingham dan Vinicius. Saat tur pramusim, Mbappe dan Bellingham belum masuk skuat.

Ancelotti pun tampaknya merombak komposisi pemain dengan menempatkan Bellingham di tengah. Sementara, Mbappe bahu-membahu dengan Rodrygo dan Vinicius di depan.

Bellingham akan berkolaborasi dengan Valverde dan Tchouameni. Sedangkan di belakang ada perubahan karena David Alaba masih absen karena cedera ACL. Begitu pula Eduardo Camavinga masih belum bisa diturunkan.

Laga Piala Super menjadi bagian persiapan Madrid yang berstatus jawara Eropa sebelum melakoni kompetisi La Liga dan juga Piala Dunia Antarklub.

Sedangkan Atalanta yang menyandang gelar juara Liga Europa kurang diunggulkan. Meski dalam perjalanannya menyingkirkan Liverpool dan kemudian menaklukkan Bayer Leverkusen 3-0 di final Liga Europa, namun Atalanta harus bekerja keras untuk membuat kejutan mengalahkan Madrid.

Pelatih Gian Piero Gasperini menuturkan Atalanta sudah menunjukkan kesiapan menghadapi Madrid. Bahkan dirinya tak mempersoalkan bila Los Blancos menurunkan semua pemain bintang.

"Bagi saya yang paling mendasar adalah tim bermain bagus tanpa memandang siapa yang ada di lapangan dan siapa yang tidak bermain," ucap Gasperini.

"Saya berharap tim bisa menunjukkan permainan terbaik. Hanya tim terkuat yang akan mendapat respek tinggi," kata dia.

Meski demikian Atalanta tetap menjadi underdog di laga itu. Apalagi ini merupakan kali pertama bagi La Dea tampil di duel bergengsi di Eropa itu.

Status sama diterima Atalanta saat menghadapi Leverkusen di final Liga Europa. Namun, mereka mampu membalikkan prediksi dan meraih gelar pertama di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut.

Bila Madrid mengedepankan pemain bintang, sebaliknya Atalanta lebih memperkuat organisasi permainan yang solid tanpa pemain bintang.

Gasperini juga telah mendatangkan pemain seperti Mateo Retegui, Ben Godfrey, Ibrahim Sulemana dan membawa kembali Nicolo Zaniolo ke Italia dari Aston Villa. Selain itu, klub sudah mempermanenkan Charles De Ketelaere yang sebelumnya dipinjam dari AC Milan.

Namun Atalanta melepas para veteran, Hans Hateboer, Pierluigi Gollini, Duvan Zapata dan Aleksei Miranchuk. Atalanta juga kehilangan Gianluca Scamacca yang belum sembuh dari cedera ACL.

Retegui yang menunjukkan penampilan bagus di pramusim akan menjadi ujung tombak tunggal. Dia didukung Ademola Lookman dan De Ketelaere.

Gasperini tampaknya tidak akan menurunkan pemain andalan Teun Koopmeiners yang tengah diincar Juventus. Terakhir Koopmeiners menolak latihan sehingga dia pun tak masuk skuat.

Prakiraan Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Rudiger, Militao, Mendy; Valverde, Tchouameni, Bellingham; Rodrygo, Mbappe, Vinicius Junior

Atalanta (3-4-2-1): Musso; Djimsiti, Hien, Kolasinac; Zappacosta, Pasalic, Ederson, Ruggeri; Lookman, De Ketelaere; Retegui