Bagikan:

JAKARTA - Seri ke-14 MotoGP 2024 yang rencananya digelar di Kazakstan pada 22 September 2024 batal. Sebagai gantinya, para pebalap akan mengaspal di Sirkuit Misano sebanyak dua kali.

Kabar batalnya gelaran MotoGP Kazakstan dibagikan lewat laman resmi MotoGP. Dikutip pada Selasa, 16 Juli 2024, pihak penyelenggara sepakat untuk melewatkan seri ini.

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports mengumumkan pembatalan Grand Prix Kazakstan," demikian dikutip dari situs resmi MotoGP.

Disebutkan bahwa pembatalan seri tersebut karena masalah operasional dan logistik. Aspek tersebut menjadi pertimbangan akibat dari imbas banjir besar di seluruh wilayah yang membuat balapan di negara Asia Tengah itu mustahil dilaksanakan di Sirkuit Sokol.

Sebagai gantinya, seri ke-14 akan dilaksanakan dengan tajuk MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano Marco Simonecelli yang juga menjadi tuan rumah dalam seri ke-13, yakni MotoGP San Marino pada 8 September 2024.

"MotoGP sangat bersemangat mengadakan acara kedua di tempat ikonik Adriatik, untuk memberi kesempatan kepada penggemar di Italia yang bersemangat guna melihat aksi olahraga paling menarik di dunia."

"GP Italia awal musim ini menjadi Grand Prix kedua yang paling banyak dihadiri penonton di venue tersebut. Tiket GP San Marino, balapan pertama di Misano musim ini, diperkirakan akan segera terjual habis," tulis MotoGP dalam keterangannya.

Setelah dua balapan di Sirkuit Misano, MotoGP San Marino dan MotoGP Emilia Romagna pada seri ke-13 dan seri ke-14, para pebalap akan memacu motor di Sirkuit Mandalika.

MotoGP Indonesia akan menjadi seri ke-15 yang dimulai pada 27 hingga 29 September 2024.

Saat ini para pebalap masih beristirahat setelah menjalani seri kesembilan di Jerman pada pekan pertama Juli 2024.

Selanjutnya, balapan akan berlangsung di Inggris pada 2-4 Agustus 2024.