Bagikan:

JAKARTA - Partai final Euro 2024 mempertemukan Spanyol vs Inggris di Olympiastadion, Berlin, pada Senin, 15 Juli 2024, dini hari WIB.

Laga babak pertama berlangsung dengan tempo cepat dan kedua tim bermain lebih hati-hati.

Transisi kedua tim masih berjalan baik sehingga peluang-peluang selalu gagal menembus jantung pertahanan.

Sepanjang 15 menit awal, Spanyol lebih banyak menekan Inggris. Penyerangan difokuskan kepada dua sayap yang dihuni Nico Williams dan Lamine Yamal.

Namun, pertahanan solid The Three Lions membuat serangan La Roja selalu kandas, baik melalui blok maupun cegatan pemain belakang.

Inggris baru bisa melakukan tekanan pada 15 menit berikutnya. Selain membangun serangan perlahan dari daerah sendiri, tekanan anak asuh Gareth Southgate berasal dari serangan balik.

Hanya saja, lagi-lagi transisi cepat Spanyol membuat Inggris kesulitan membongkar pertahanan. La Roja dengan cepat turun bertahan dengan menumpuk pemain di kotak penalti dan lini kedua.

Hal itu membuat Harry Kane dan kolega kesulitan merangsek lewat sisi tengah. Penyerangan dari kedua sayap yang dihuni Phil Foden dan Bukayo Saka pun selalu gagal lantaran umpan silang mereka berhasil dicegat bek-bek Spanyol.

Meski demikian, Inggris lebih baik dalam penciptaan peluang. Mereka sukses mengemas satu tembakan tepat sasaran melalui bola mati.

Bermula dari tendangan bebas Declan Rice, Phil Foden yang berada di tiang jauh menyambut dengan tendangan voli. Hanya, sepakannya masih bisa diamankan Unai Simon.

Spanyol yang total menguasai 70 persen bola dan melepas lima tembakan, belum bisa menbuka keunggulan.

Alhasil, rapatnya pertahanan masing-masing tim membuat tak ada peluang yang bisa dikonversi gol. Skor babak pertama pun bertahan tanpa gol.