Bagikan:

JAKARTA – Mantan petenis nomor satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic, menuding penonton tidak menghormati dirinya ketika ia tampil dalam laga melawan petenis asal Denmark, Holger Rune.

Dalam duel itu Djokovic terlihat berjuang mengatasi masalah pada perut, tetapi bisa mengalahkan unggulan ke-15 tersebut dengan straight game 6-3 6-4 6-2 di Centre Court, pada Senin, 8 Juli 2024, malam WIB.

Rune mendapat dukungan dari para penonton di duel itu. Mereka bersorak-sorai menyambut Rune dengan meneriaki namanya, hal yang oleh Djokovic dianggap sebagai ejekan terhadap dirinya.

"Mereka (tidak menghormati saya). Saya tidak menerima itu. Saya tahu mereka bersorak untuk mendukung Rune, tetapi itu adalah alasan untuk mengejek saya," ujar Djokovic dikutip BBC Sport.

Holger Rune sebelumnya tercatat telah mengalahkan Djokovic sebanyak dua kali. Itu kemenangan yang membantunya menjadi salah satu bintang baru dalam olahraga ini.

Meski demikian, ia jarang sekali merepotkan unggulan kedua itu, yang sebenarnya tampil tidak begitu bugar dalam kesempatan kali ini. Rune bahkan gagal memanfaatkan dua break point.

Djokovic pun terlihat masih menggunakan pelindung lutut setelah menjalani operasi pada Juni 2024 dan sempat memegangi perut pada awal set kedua sambil mengambil napas dalam-dalam.

Walaupun begitu, pemilik 24 gelar Grand Slam itu masih mampu menguasai pertandingan selama sisa waktu dan memastikan kemenangan telak untuk mencapai perempat final ke-15 di Wimbledon.

"Saya telah mengikuti tur ini selama lebih dari 20 tahun. Percayalah, saya tahu semua trik ejekan. Saya tahu cara-cara untuk mencemooh. Kalian tidak bisa menyentuh saya," kata Djokovic.

Djokovic, yang berusia 37 tahun, saat ini tengah mengincar gelar Wimbledon kedelapan dan gelar Grand Slam ke-25 dalam kariernya. Ia sekarang masih dua gelar lebih banyak dari Rafael Nadal yang agak mustahil mengejar lagi rekor itu.

Selanjutnya, Djokovic akan berhadapan dengan Alex de Minaur, yang memastikan tempatnya di perempat final berkat kemenangan 6-2 6-4 4-6 6-3 atas petenis tuan rumah Arthur Fils.