Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 berhasil menyegel peringkat ketiga di Piala AFF U-16 2024. Menghadapi Vietnam U-16, tim asuhan Nova Arianto menang telak dengan skor 5-0.

Garuda Muda yang tampil sebagai tuan rumah terlihat cukup percaya diri. Tampil di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu, 3 Juli 2024, anak asuh Nova Arianto langsung menekan pergerakan Vietnam U-16 di awal laga.

Terlihat sebelum laga memasuki satu menit, Garuda Muda sudah menggebrak dengan serangan yang kemudian melahirkan sepak pojok.

Satu menit berjalan, peluang emas didapat Indonesia U-16 lewat tendangan salto Andi Faith Jamaludin usai meneruskan umpan dari Rachman. Sayang, upaya ini masih belum berbuah manis.

Ancaman itu membuat pergerakan pasukan Vietnam U-16 kalang kabut. Anak asuh Tran Minh Chien berupaya menutup ruang sembari menekan jauh ke pertahanan tuan rumah.

Jual-beli serangan terjadi hingga pertengahan laga yang belum juga menghasilkan gol bagi kedua tim. Pada menit ke-35 peluang lagi-lagi ada di pihak tuan rumah.

Pada momen ini, Fabio Azkairawan melepaskan lemparan ke dalam jarak jauh ala Pratama Arhan dan melahirkan kemelut di muka gawang Vietnam U-16. Namun, para pemain Indonesia U-16 yang berada di mulut gawang lawan masih belum bisa memanfaatkan peluang itu untuk mencetak gol.

Pada menit-menit akhir waktu normal, kebuntuan Garuda Muda akhirnya pecah. Pada menit ke-45, Indonesia U-16 unggul 1-0 lewat gol Zahaby Gholy usai meneruskan umpan terobosan Fandi Ahmad.

Wasit kemudian menambah durasi selama tiga menit pada injury time. Saat memasuki menit ke-45+2, Tristan Raissa Ibrahim mendapatkan kartu kuning usai melanggar pemain Vietnam U-16 saat situasi serangan balik.

Namun, satu menit berselang, Indonesia U-16 kembali menunjukkan kekuatan. Tim asuhan Nova Arianto menggandakan gol menjadi 2-0 lewat Dafa Zaidan El Fikri usai meneruskan assist Josh Holong yang sekaligus menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, permainan semakin panas lantaran Vietnam U-16 juga semakin berambisi memecah kebuntuan. Pada menit ke-48 giliran Vietnam U-16 yang mendapatkan peluang. Kali ini lewat tembakan Nguyen Van Bach yang ternyata masih bisa dihalau Dafa Al Gasemi Setiawarman.

Sepanjang babak kedua, penampilan Indonesia U-16 begitu meyakinkan. Tak tanggung-tanggung, tim asuhan Nova Arianto menambah tiga gol untuk kemudian memimpin menjadi 5-0.

Tiga gol babak kedua yang semakin memperlebar jarak dari kejaran Vietnam U-16 itu disumbangkan oleh Daniel Alfrido (75’), Zahaby Gholy (78’) yang merupakan brace-nya di laga ini, dan disempurnakan oleh Daniel Alfrido (87’) yang juga jadi torehan brace.