Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mendukung penuh timnas sepak bola jalanan (homeless) Indonesia untuk mengukir prestasi di Homeless World Cup (HWC) 2024 pada September mendatang.

"Timnas sepak bola homeless Indonesia telah memperjuangkan Indonesia tanpa stigma dan diskriminasi lewat prestasi level dunia," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui akun instagram pribadi: @erickthohir usai bertemu dengan para pemain timnas sepak bola jalanan Indonesia, dikutip dari Antara, Selasa 18 Juni.

Ia menjelaskan, timnas sepak bola jalanan Indonesia telah menorehkan prestasi gemilang dengan menjuarai Piala Lassen Park Award di kejuaraan dunia Homeless World Cup di Sacramento, Amerika Serikat pada 2023 lalu.

Erick berharap, pada HWC 2024, timnas Indonesia kembali menorehkan prestasi yang semakin mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Ia mendorong timnas sepak bola jalanan agar terus berkembang menjadi timnas yang tangguh dan semakin disegani negara lainnya.

"Maju terus. Buktikan semua orang berhak mendapat keadilan dan kesempatan yang sama dalam segala hal," pungkasnya.

Sebagaimana dilansir dari situs resmi World Economic Forum (WEF), Homeless World Cup (HWC) atau Piala Dunia Tunawisma merupakan organisasi sosial yang didirikan khusus untuk mengatasi tunawisma dan kemiskinan melalui sepak bola jalanan di seluruh dunia.

HWC mengadakan kompetisi sepak bola tahunan yang diikuti hampir 80 negara anggotanya dengan melibatkan lebih dari 100.000 orang.

Misi utama organisasi tersebut adalah menggunakan sepak bola untuk mendukung dan menginspirasi tunawisma agar dapat mengubah hidup mereka sendiri. Selain itu, organisasi ini juga berusaha mengubah persepsi dan sikap masyarakat umum terhadap orang-orang tunawisma.

Adapun negara anggota HWC, antara lain dari Benua Afrika yaitu Burkina Faso, Mesir, Ghana, Pantai Gading, Kenya, Liberia, Malawi, Namibia, Nigeria, Afrika Selatan, Tanzania, Togo, Uganda, Zambia, Zimbabwe.

Dari Benua Asia yakni Australia, Bangladesh, Kamboja, Hongkong, India, Indonesia, Jepang, Kirgistan, Nepal, Pakistan, Filipina, Korea Selatan, Vietnam

Benua Eropa antara lain Austria, Belgium, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Inggris, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Irlandia, Israel, Italia, Lithuania, Belanda, Irlandia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Rusia, Skotlandia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Ukraina, Wales.

Selain itu, dari Benua Amerika yakni Kosta Rika, Grenada, Guatemala, Meksiko, Panama, Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Chili, Kolumbia, Paraguay, Peru, Venezuela.