Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Turki dilanda badai cedera menjelang pertandingan pembuka Euro 2024 melawan Georgia, Selasa 18 Juni, di BVB Stadion Dortmund (Westfalenstadion). Bek andalan mereka, Caglar Soyuncu, Ozan Kabak, dan Ridvan Yilmaz, harus absen dari turnamen ini, sehingga pelatih Vincenzo Montella kekurangan opsi di lini belakang.

Pemain muda Ajax yang belum pernah tampil, Ahmetcan Kaplan, bisa jadi akan berduet dengan mantan pemain Juventus, Merih Demiral, yang kini bermain di Arab Saudi. Sementara itu, Ferdi Kadioglu dari Fenerbahce, yang dikabarkan menjadi incaran Arsenal, juga kemungkinan akan tampil sebagai starter.

Di lini serang, kondisi tidak jauh lebih baik dengan cedera yang dialami Enes Unal, Cengiz Under, dan Umut Nayir. Alternatif yang tersedia adalah trio remaja Arda Guler dari Real Madrid, Kenan Yildiz dari Juventus, dan Semih Kilicsoy dari Besiktas, yang akan mendampingi striker veteran Cenk Tosun.

Dari kubu Georgia, bek berpengalaman Solomon Kvirkvelia dan gelandang Otar Kiteishvili diragukan tampil. Pemain Napoli, Khvicha Kvaratskhelia, menjadi ancaman utama bagi Turki, sementara striker Metz, Georges Mikautadze, juga patut diwaspadai.

Sementara itu Khvicha Kvaratskhelia menyampaikan kebanggaannya bisa menjadi bagian dari tim Georgia yang akan mencatat sejarah dengan tampil di Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya. "Itu adalah impian terbesar setiap orang Georgia untuk menjadi bagian dari turnamen penting seperti ini, dan hari paling bahagia bagi kami saat kami mencapainya," katanya kepada situs resmi UEFA.

Dia juga menekankan bahwa Georgia tidak hanya datang untuk berpartisipasi, tetapi untuk meninggalkan jejak di EURO 2024. "Kami akan melakukan yang terbaik untuk ini. Tim kami sangat fokus dan siap untuk turnamen ini," tambahnya.

Kvaratskhelia berbicara tentang tekanan menjadi pemain bintang tim. "Ini tanggung jawab besar, dan saya bersyukur ketika pekerjaan saya dihargai. Ada banyak pemain sepak bola Georgia yang bisa menjadi pemain terbaik negara; kami semua berusaha menjadi tim, dan kesuksesan individu kurang penting saat ini."

Prakiraan Susunan Pemain

Turki: Cakir; Celik, Demiral, Ayhan, Kadioglu; Ozcan, Calhanoglu; Kahveci, Akturkoglu, Yildiz; Yilmaz

Georgia: Mamardashvili; Kverkvelia, Kashia, Dvali; Kakabadze, Kiteishvili, Kochorashvili, Shengelia, Chakvetadze; Kvaratskhelia, Mikautadze