Bagikan:

JAKARTA - Lolosnya Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 jelas jadi hal membanggakan. Namun, di balik momen gembira itu, ada situasi kurang menyenangkan yang mesti dihadapi Skuad Garuda.

Shin Tae-yong bakal kehilangan dua pemain di laga perdana putaran ketiga kualifikasi, yaitu Jordi Amat dan Justin Hubner.

Absennya dua bek pada September 2024 itu bukan tanpa sebab. Jordi dan Hubner terpaksa absen lantaran hukuman kartu.

Jordi Amat mendapatkan kartu merah ketika menghadapi Irak pada 6 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Kejadian itu membuat mantan pemain Swansea City itu harus menjalani hukuman larangan bermain dua pertandingan.

Satu pertandingan yang sudah dilewatkan Jordi dalam masa hukuman ialah ketika Timnas Indonesia mengalahkan Filipina 2-0.

Larangan tersisa bakal dijalani Jordi Amat pada laga perdana putaran ketiga nanti jika namanya kembali mendapat panggilan dari Shin Tae-yong.

Hal tersebut ternyata juga berlaku untuk Justin Hubner. Bedanya, Justin Hubner hanya menjalani larangan bermain satu pertandingan akibat akumulasi kartu kuning.

Justin Hubner mendapat kartu kuning pertama saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam pada 21 Maret 2024 yang mana skuad Garuda menang 1-0.

Sementara kartu kuning kedua Justin Hubner diterima saat melawan Filipina pada 11 Juni 2024. Dengan begitu, pemain pinjaman Cerezo Osaka itu akan absen pada laga perdana putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Meski tanpa Jordi Amat dan Justin Hubner, Shin Tae-yong masih bisa memanfaatkan skuad secara optimal.

Soalnya, pelatih asal Korea Selatan itu punya amunisi cukup dalam di sektor belakang. Masih ada Jay Idzes dan Rizky Ridho yang bisa diandalkan. Lalu, memberdayakan Sandy Walsh di jantung pertahanan juga bisa dilakukan.