Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis spesialis ganda campuran Rinov Rivaldy melewatkan sesi wawancara setelah bersama pasangannya Pitha Haningtyas Mentari tumbang di babak pertama Indonesia Open 2024.

Rinov/Pitha menelan kekalahan rubber game dengan skor 16-21, 21-18, dan 17-21 melawan pasangan China Taipei, Yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang, di Istora, Senayan, Jakarta, Rabu, 5 Juni 2024, siang WIB.

Kekalahan itu sepertinya sangat memukul perasaan Rinov. Matanya terlihat berkaca-kaca saat berjalan melewati wartawan yang menunggunya di area mixed zone untuk sesi wawancara.

Ia berjalan menunduk sambil mengelap dan sesekali menutupi matanya dengan handuk. Ia berlalu begitu saja dan membiarkan rekannya melakukan sesi wawancara sendirian.

Pitha sendiri tidak mengomentari sikap rekannya tersebut. Ia mengatakan bahwa semua atlet pasti akan merasa sangat kecewa pada saat menelan kekalahan.

"Sejak ke luar lapangan kami belum berbicara (terkait) apa yang dirasakan. Tadi langsung ke sini juga (jadi tidak sempat mengobrol)," ujar Pitha.

Kekalahan ini menjadi titik balik buat Rinov/Pitha, pasangan yang sudah menyegel tiket ke Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, di turnamen mereka sebelumnya, seperti Malaysia Masters 202 bulan kemarin, mereka menjadi runner-up.

Setelah menjadi runner-up di Malaysia, Rinov/Pitha kemudian memutuskan untuk melewatkan turnamen Super 750 BWF Singapura Open 2024 pekan kemarin.

"Setelah hari ini menelan kekalahan, saya berusaha untuk kembali dengan semangat, fokus, dan tujuan awal Olimpiade Paris 2024," kata Pitha.

Rinov/Pitha adalah ganda campuran kedua yang gagal mencapai babak 16 besar turnamen berlevel Super 1000 BWF ini. Dari empat wakil ganda campuran yang bermain di Indonesia Open 2024, dua di antaranya tumbang.

Satu ganda campuran lain yang ikut kandas di babak pertama ialah pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Pasangan ini tumbang melawan unggulan pertama asal China, Zheng Siwei Huang Yaqiong, pada pagi tadi.

Pada hari pertama kemarin, Indonesia sudah mendapat dua tiket babak kedua dari ganda campuran. Keduanya diamankan oleh Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.

Pada babak kedua, Dejan/Gloria akan bertemu unggulan keempat asal Korea Selatan, Seo Seung-jae/Chae Yu-jung. Sementara Adnan/Nita menang melawan unggulan keenam asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.