Bagikan:

JAKARTA - Persib menjadi juara Liga 1 2023/2024 setelah memenangi final Championship Series melawan Madura United dengan agregat 6-1.

Pada pertandingan leg kedua di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat, 31 Mei 2024, Maung Bandung membungkam Madura United 3-1.

Sementara pada leg pertama, Persib tampak superior saat menjamu Madura United di Stadion Si Jalak Harupat pada 26 Mei 2024. Maung Bandung sudah selangkah juara dengan kemenangan 3-0.

Niat Madura United membalikkan keadaan di kandang gagal. Alih-alih mengejar defisit tiga gol di leg pertama, Laskar Sape Kerap malah terpuruk.

Anak asuh Rakmat Basuki memang tampil apik sejak awal laga. Laskar Sape Kerap mampu mengurung Maung Bandung.

Kehadiran Hugo Gomes yang sempat cedera di laga sebelumnya menjadi kabar baik. Madura United semakin bermain percaya diri dengan hadirnya pemain yang akrab disapa Jaja itu.

Tekanan yang dilakukan tuan rumah beberapa kali menghadirkan peluang emas. Namun, sayangnya penyelesaian Madura United masih belum berjalan mulus.

Jelang menit akhir babak pertama, Persib Bandung melakukan perubahan demi permainan yang semakin dinamis. Bojan Hodak selaku pelatih memilih mengganti sang kapten, Dedi Kusnandar, dan memasukkan Marc Klok.

Perubahan itu ternyata belum mampu membawa Persib keluar dari tekanan. Meski demikian, tak ada gol tercipta dan skor bertahan 0-0 hingga jeda.

Pada paruh kedua, giliran Persib Bandung yang mulai membaca celah dari tekanan yang diberikan tuan rumah. Butuh waktu lebih dari sepuluh menit bagi Persib Bandung untuk akhirnya bisa memecah kebuntuan.

Eksekusi dari David Da Silva pada menit ke-60 akhirnya membuat Maung Bandung unggul 1-0. Tambahan satu gol itu membuat usaha Madura United untuk membalikkan keadaan kian terjal.

Namun, penggawa Laskar Sape Kerap pantang menyerah. Mereka kian intens melakukan serangan demi memecah kebuntuan. Apa daya hingga menjelang waktu normal hampir, tuan rumah malah kembali kebobolan.

Persib Bandung mengandakan gol saat laga berjalan 86 menit. Tendangan Marc Klok dari sisi kanan gawang yang dijaga Lucas Frigeri gagal diantisipasi dan membuat skor berubah 2-0 untuk tamu.

Persib Bandung sejatinya sudah memastikan gelar juara Liga 1 2023/2024 dengan agregat yang sulit terkejar, 5-0. Namun, ternyata pesta Maung Bandung belum usai.

Pada injury time tepatnya menit ke-90+2, Persib menambah gol melalui Beckham Putra melalui serangan balik cepat dari Ciro Alves.

Gol penalti Slamet Nurcahyo pada menit ke-90+7 pun tidak berarti apa-apa dan cuma menjadi gol hiburan.

Kemenangan 3-1 di markas Madura United ditambah 3-0 di kandang membuat Persib unggul agregat 6-1 di final Championship Series Liga 1 2023/2024.

Persib juara Liga 1 2023/2024 dengan penampilan mengesankan.