Bagikan:

JAKARTA - Mike Tyson dan Jake Paul akan berduel ada 20 Juli 2024 di AT&T Stadium, Texas. Pertarungan tersebut berada di kelas berat.

Jake Paul, seorang YouTuber penantang Mike Tyson, mengakui kesulitan mengejar transformasi kelas berat.

Duel tersebut merupakan bentrok kelas berat pertamanya. Alhasil, dia mesti menaikkan bobotnya agar sesuai peraturan.

Paul tampak makan lebih banyak untuk menaikkan berat badan. Hanya saja, situasi itu membuat pria 27 tahun itu kesulitan dalam beraktivitas.

Dia kesulitan berlari atau joging. Pergerakannya pun menjadi jauh lebih lambat dari sebelumnya.

"Pastinya ada sedikit lebih banyak kekuatan, tetapi saat saya jogging, saya jauh lebih lambat. Saya merasa seperti badak atau semacamnya, pastinya jauh lebih sulit untuk jogging."

"Semuanya baik-baik saja, tetapi ada sedikit transisi untuk beralih ke kelas berat."

"Saya benar-benar perlu menambah berat badan agar saya bisa bersaing dengan Mike Tyson dan dia tidak bisa mengalahkan saya di atas ring. Kami telah bertanding di kelas berat dan makan lebih banyak," kata Jake Paul kepada TMZ Sports.

Jake Paul harus mencapai bobot di atas 200 pon atau sekira 90 kg untuk menghadapi Mike Tyson. Namun, saat datang ke konferensi pers, berat Paul sudah mencapai 230 pon.

Tak heran, transformasinya itu mendapat ejekan dari legenda tinju dunia tersebut.

"Saya tidak tahu apakah dia sedang dalam kondisi prima, tapi dia gemuk."

"Dia harusnya ramping dan kejam. Dia gemuk. Saya melihatnya melepas bajunya beberapa hari yang lalu, dia gemuk!" ujar Tyson dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Menanggapi celotehan Tyson itu, Jake Paul membalas dengan keyakinan bahwa penambahan berat badannya tetap membuatnya punya pergerakan bagus di atas ring nanti.

"Mike Tyson menyebut saya gemuk, tapi saya yakin lemak akan berubah menjadi otot. Pada malam pertarungan, saya yakin akan mampu bergerak dan menari di ring seperti petinju kelas berat sejati," tutur Jake Paul.

Berat paling ringan yang dimiliki Jake Paul sebagai seorang petarung ialah 183,6 pon atau sekitar 83 kg. Namun, dua pertarungan terakhirnya berada pada batas kelas penjelajah, yaitu 200 pon (90,7 kg).

Sementara itu, Jake Paul hanya kalah sekali dalam 10 pertarungannya. Kekalahan itu didapat ketika melawan Tommy Fury dengan keputusan terpisah (split-decision) pada tahun lalu. Setelah duel tersebut, dia telah menang tiga kali.

Pada pertarungan nanti, Mike Tyson sudah berusia 58 tahun karena dia berulang tahun pada 30 Juni.

Tyson meminta agar ronde yang berdurasi dua menit itu diterima, bukan tiga ronde biasa. Selain itu, pertarungan tersebut digelar delapan ronde dengan sarung tangan lebih besar (14oz/414 ml) dari normal (10oz/295 ml).