Bagikan:

YOGYAKARTA - Borobudur Marathon menjadi salah satu even olahraga yang dinanti-nantikan oleh para penghobi lari. Ajang lari marathon tahunan ini selalu ramai diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan. Setiap pembuka pembelian tiket atau registrasi, hampir selalu sold out dalam waktu cepat. 

Event lari Borobudur Marathon tak hanya dilirik oleh para peserta lokal atau dalam negeri, namun juga mengundang antusias sampai ke mancanegara. Ajang ari maraton bergengsi ini telah menyandang World Athletic Label, Road Race Label 2024. 

Kurang lengkap rasanya bagi penggemar lari jika belum pernah mengikuti event marathon yang berlokasi di sekitar Candi Borobudur, Magelang ini. Event ini terbuka bagi pelari profesional maupun pemula dan bisa memilih rute sesuai kemampuan. Lantas kapan Borobudur Marathon 2024 digelar dan kategori yang disediakan?

Kapan Borobudur Marathon?

Bank Jateng resmi meluncurkan event Borobudur Marathon 2024 pada Senin (27/5). Peresmian yang dilakukan di Radjawali Semarang Cultural Center, Semarang, ini dihadiri oleh ratusan peserta dari komunitas lari dan rekan-rekan media. 

Event Bank Jaeng Borobudur Marathon 2024 akan digelar pada 1 Desember mendatang. Berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, Bormar tahun ini membawa tema “Run On, Mark It!”. Penyelenggara mengajak para pelari dari berbagai penjuru Indonesia dan luar negeri untuk meramaikan Bormar tahun ini. 

Borobudur Marathon tahun ini disebut bakal menjadi ajang spesial lantaran sudah berjalan di tahun ke-8. Event lari populer ini juga mendekati satu dekade pada tahun 2026 mendatang. Bormar tahun ini menantang para pelari dari berbagai daerah untuk menembus batas, menunjukkan determinasi, melengkapi jorney lari mereka, dan meninggalkan jejak serta legacy di event ini. 

Demi menyukseskan ajang tahunan ini, penyelenggara berkomitmen untuk menyediakan rute yang lebih steril dan pelaksanaan yang lebih baik. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan waste management yang lebih teratur dan menghadirkan hadiah yang lebih menarik untuk menarik minat banyak pelari. 

Kategori Lari Borobudur Marathon 2024

Kategori rute lari pada Borobudur Maratho 2024 tidak mengalami perubahan seperti tahun lalu. Adi Prinantyo, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, menyebutkan bahwa di tahun ke-8 ini Bormar membuka tiga kategori lomba, yaitu Maraton, Half Marathon, dan 10 Kilometer. 

“Banyak hal menarik yang telah dipersiapkan, seperti kegiatan The Tour, The Big Tour, program Bank Jateng Pawone untuk UMKM, program'Bank Jateng Young Talent 10K' untuk atlet muda, dan hadirnya World Athletic Label di tahun ini menandakan kualitas penyelenggaraan yang lebih baik. Saya yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang sukses dan membanggakan Indonesia," ucap Adi Prinantyo.

Harga Tiket Borobudur Marathon 2024 Per Kategori

Borobudur Marathon mematok harga tiket yang berbeda untuk tiap katagorinya. Harga paling tinggi berlaku untuk rute kategori Maraton. Berikut ini daftar harga tiket Borobudur Marathon tiap kategorinya.

  • Rute Maraton: harga tiket Rp675.000
  • Rute Half Maraton: harga tiket Rp575.000
  • Rute 10 kilometer: harga tiket Rp375.000

Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 mengajak sebanyak 10.000 pelari untuk ikut serta dan berkompetisi dalam event ini. Tak hanya memacu stamina dan langkah, pelari juga dapat menikmati indahknya kawasan di Kota Magelang dan sekitar objek wisata Borobudur. 

Demikianlah informasi kapan Borobudur Marathon 2024 dan kategori yang dibuka untuk pelari. Event tahunan ini bakal digelar akhir tahun, yakni 1 Desember 2024 dengan menyediakan 3 kategori seperti tahun lalu. Baca juga persiapan lari marathon untuk perempuan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.