Bagikan:

BANDUNG - Persib Bandung berhasil mengantongi kemenangan di leg pertama babak final Championship Series Liga 1 2023/2024. Menjamu Madura United di Stadion Si Jalak Harupat pada Minggu, 26 Mei malam WIB, tuan rumah menang 3-0 atas kontribusi Ciro Alves dan brace David Da Silva.

Persib Bandung yang tampil sebagai tuan rumah mencoba membangun dominasi sejal awal laga. Di depan pendukung sendiri mereka mencoba menekan sedalam mungkin pergerakan tim lawan.

David da Silva, Ciro Alves dan Febri Haryadi diploting Bojan Hodak jadi ujung tombak Maung Bandung. Selama 20 menit berjalan, peluang tuan rumah beberapa kali tercipta tapi baru di menit ke-20 yang membawa harapan memecah kebuntuan.

Pergerakan Ciro Alves yan memotong tendangan penjaga gawang Madura United menciptakan ruang tembak yang cukup leluasa. Namun sayangnya upaya itu bisa digagalkan sang penjaga gawang, Lucas Frigeri.

Melihat bagaimana pergerakan tim tuan rumah, Madura United mencoba tampil dengan permainan yang lebih terbuka. Ketika ini giliran Francisco Rivera yang dapat kesempatan lewat tendangan bebas, disundul Cleberson tapi peluang gagal karena meleset dari sasaran.

Permainan terus bergulir dengan panas antara kedua tim hingga mendekati waktu turun minum, di sisa waktu yang ada Stefano Beltrame melepaskan tembakan yang bisa ditepis oleh Frigeri. Bola liar yang mengarah ke David Da Silva juga tak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Pada masa injury time, Malik Risaldi melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun arahnya masih tepat ke hadapan Kevin Ray Mendoza yang kemudian disusul Ciro Alves yang dapat peluang namun tendangannya masih melebar, skor bertahan 0-0 di babak pertama.

Masuk babak kedua, permainan semakin dinamis karepada momen ini Bojan Hodak mulai melakukan pergantian pemain. Masuknya sejumlah nama membuat pergerakan Maung Bandung kembali bergairah.

Tak mau tertinggal dari pergerakan tuan rumah, Madura United juga terus menempel ketat para pemain Persib Bandung. Momen tak diinginkan menimpa Jacob William Mahler atau yang akrab disapa jaja.

Duel dengan salah satu pemain Persib berujung kondisinya yang mesti ditarik keluar. Upaya Jaja dalam merebut bola di udara, membuat dirinya salah mendarat dan mengalami cedera.

Memasuki menit ke-70 Persib semakin panas, tekanan ke gawang lawan dilakukan dan kini membuahkan hasil. Persib Bandung akhirnya mampu membuka keunggulan menjadi 1-0.

Angka pembuka itu dibuat oleh Ciro Alves di hadapan gawang Madura United. Memanfaatkan umpan Rachmat Irianto, Ciro berhasil membuat bola lolos dan menggoyangkan jala gawang Madura United.

Setelah gol pembuka, Maung Bandung main semakin menggila. Mendapat tambahan waktu 10 menit, peluang ini tak disiakan anak asuh Bojan Hodak.

Masuk ke menit 90+4 giliran David Da Silva yang menggandakan keunggulan tuan rumah jadi 2-0. Tak cukup sampai disitu, David Da Silva kembali mencetak brace di menit ke-90+9 yang sekaligus memastikan kemenangan Persib Bandung di leg pertama.