Bagikan:

JAKARTA – One Run 10K kembali dihelat untuk kedua kalinya pada akhir pekan ini. Sebelumnya, ajang ini pernah mendapat kesuksesan tahun 2023.

Acara ini akan berlangsung pada Minggu, 26 Mei 2024. Pada edisi tahun ini, peserta One Run 10K mengalami peningkatan jumlah signifikan, yakni diikuti oleh 5.000 pelari.

One Run 10K 2024 kembali menawarkan kategori lomba 10K dan 5K, sama seperti tahun lalu. Dari data peserta, tahun ini kembali didominasi pelari pria dan pelari berusia 36 tahun ke atas.

"Kami sangat bangga mendukung program Pemerintah untuk mengolahragakan masyarakat dapat berjalan dengan baik," kata Ketua Pelaksana One Run 10K, Ecep S Yasa, dalam konferensi pers.

One Run 10K dimulai dengan titik start di Epicentrum Kuningan, lalu mengarah ke Jalan Rasuna Said. Khusus untuk kategori 10K, rute kemudian akan menyusuri hingga kawasan Menteng.

Juara One Run 10K akan ditentukan dari kelas Nasional, Master A dan B, serta Pelajar. Waktu lari akan dimulai pukul 06.00 WIB untuk kelas 10K dan 06.15 WIB untuk kelas 5K.

"Sebanyak 1.000 pelari berhak untuk mendapat medali emas. Lalu, 600 medali emas untuk 10k dan sisanya 400 untuk 5k," kata Ecep.

Pengelolaan perlombaan kembali dipercayakan kepada IdeaRun Race Management, yang telah sukses mengelola acara ini sejak tahun lalu.

Mereka akan menghadirkan running doctor untuk bertugas mendampingi peserta lari di masing-masing kategori.

Selain itu, rute lomba pun telah dikalibrasi sejak tahun lalu oleh PB PASI untuk memastikan akurasinya. Sertifikat rute yang telah dikalibrasi resmi ini berlaku hingga empat tahun ke depan terhitung sejak 2023.

"Dengan demikian, kendala akurasi jarak lari telah diatasi," ujar Safrita Aryana, Direktur IdeaRun yang juga menjadi Race Director pada lomba ini.

Penyelenggara menyediakan hadiah senilai total Rp350 juta. Hadiah ini akan diberikan kepada para pemenang lomba pada kelas Nasional, Master A dan Master B, serta Pelajar, masing-masing putra dan putri peringkat satu hingga lima.

Selain itu, akan ada hadiah hiburan lainnya bagi para peserta One Run.

Proses registrasi dibuka pada 15 Desember 2023 dan ditutup pada pekan ketiga Januari 2024. Masa registrasi praktis berjalan sangat cepat dengan 5.000 slot peserta terisi dalam waktu lima pekan.

Saat ini tercatat sejumlah nama penting menjadi peserta dalam acara ini, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, dari kalangan atlet nasional di antaranya ada Ricky Martin Simbolon, Ai Kusmiati, Eva Desiana, Anjasari Dewi, dan lainnya.