Bagikan:

JAKARTA - Jurgen Klopp memberikan pesan perpisahan yang penuh haru kepada para penggemar Liverpool setelah pertandingan terakhirnya sebagai pelatih The Reds berakhir dengan kemenangan, 2-0 atas Wolves, Minggu 19 Mei. Setelah sembilan tahun di Anfield, Klopp mengelola pertandingan terakhirnya dan akan meninggalkan klub, di mana manajer baru Arne Slot siap mengambil alih posisinya.

Menutup kariernya dengan gaya melalui kemenangan atas Wolverhampton Wanderers, pelatih asal Jerman itu menyampaikan pesan perpisahan kepada para penggemar di dalam Anfield. Ia  mengucapkan terima kasih atas dukungan mereka yang tiada henti.

"Saya terkejut. Saya pikir saya akan hancur berantakan, tetapi ternyata tidak. Saya sangat bahagia dengan kalian semua, atmosfernya, pertandingan ini, menjadi bagian dari keluarga ini dan tentang kita, bagaimana kita merayakan hari ini. Terima kasih banyak," kata Klopp. "Terima kasih telah mengabaikan permintaan saya untuk tidak menyanyikan lagu saya selama enam minggu."

Pernyataan ini memicu para penggemar Liverpool untuk bernyanyi, yang kemudian dibalas Klopp, "Terima kasih. Jika kalian menyanyikan lagu itu tahun depan, itu akan lucu.

"Ini tidak terasa seperti akhir. Ini hanya terasa seperti awal. Hari ini saya melihat tim sepak bola bermain penuh dengan bakat, muda, kreativitas, hasrat, keserakahan. Itu adalah bagian dari perkembangan, itulah yang Anda butuhkan tentunya," ungkapnya.

"Dalam beberapa minggu ini di mana saya mendapat terlalu banyak perhatian, saya menyadari banyak hal. Orang-orang mengatakan saya mengubah mereka dari yang ragu menjadi yang percaya. Itu tidak benar. Kalian yang melakukannya. Tidak ada yang menyuruh Anda untuk berhenti percaya. Klub ini berada dalam momen yang lebih baik daripada waktu yang lama," jelasnya.

"Kami memiliki stadion yang indah ini, pusat pelatihan, dan kalian - kekuatan super sepak bola dunia. Wow. Kami yang memutuskan apakah kami khawatir atau bersemangat. Kami yang memutuskan apakah kami percaya. Kami yang memutuskan apakah kami percaya atau tidak percaya. Hari ini saya adalah salah satu dari kalian dan saya terus percaya. Saya tetap percaya 100%," ucap Klopp.

"Kalian sambut manajer baru seperti kalian menyambut saya. Kalian lakukan semuanya dari hari pertama. Kalian tetap percaya. Kalian dorong tim. Saya sekarang salah satu dari kalian. Saya mencintai kalian semua. Terima kasih. Kalian adalah tim terbaik di dunia. Terima kasih," ungkap Klopp dalam salam perpisahannya.