Bagikan:

JAKARTA - Masa depan Bruno Fernandes masih menjadi tanda tanya. Meski kontraknya baru habis pada 2027, rumor kencang berembus dia akan meninggalkan Old Trafford akhir musim ini.

Sejumlah klub sudah dikaitkan dengan gelandang asal Portugal itu. Mulai dari Bayern Munchen yang menyiapkan dana segar dan besar, sampai klub-klub kaya Arab Saudi.

Isyarat itu sudah mulai dilempar Fernandes pada awal Mei 2024. Dia secara tersirat mau pergi dari Old Trafford selepas membela Portugal di Euro 2024.

Sang playmaker berkeinginan melanjutkan kariernya di luar kerasnya Liga Inggris atau liga yang tidak terlalu menuntut dan cuaca yang lebih cerah.

Selain itu, pemain 29 tahun tersebut mengungkapkan sudah mulai frustrasi bersama Manchester United selama empat setengah musim. Dia ingin bermain dengan tim yang punya kans besar meraih trofi-trofi besar.

Terlepas dari faktor di dalam diri, pemicu eksternal juga muncul. Kehadiran Sir Jim Ratcliffe sebagai pemilik minoritas saham United akan melakukan perombakan besar-besaran.

Pemain dengan gaji tinggi punya kans besar dilepas akhir musim ini agar mereka bisa melakukan transfer besar.

Fernandes tentu masuk daftar. Apalagi nasib Erik ten Hag belum jelas di Old Trafford.

Sang gelandang kemungkinan dilepas dengan dua alasan, gaji besar dan United kedatangan manajer anyar sehingga Fernandes sudah tidak dibutuhkan dalam skemanya.

Hanya saja, setelah Fernandes melempar isyarat pergi, banyak juga yang menginginkan dia bertahan karena membawa peran penting di The Red Devils.

Terlebih, Fernandes secara luas dianggap sebagai rekrutan terbaik United setelah era Sir Alex Ferguson.

Legenda United, Rio Ferdinand, bahkan mengatakan Fernandes adalah salah satu dari sedikit pemain yang akan menantang bintang-bintang Old Trafford yang berkinerja buruk musim ini.

"Saya tahu Bruno menunjukkan banyak hal dan menarik pemain muda. Apakah menurut Anda dia melakukannya dengan cara yang benar ketika dia berada di lapangan dan mungkin terlalu bersemangat bagi sebagian orang."

"Namun, saya melihat dua pertandingan terakhir (sebelum lawan Newcastle United) yang dimainkan United. Mereka tidak cukup bagus, dia sangat dirindukan tim itu."

"Dia menciptakan peluang dan membuat pemain lain tampil bagus. Namun, dialah yang akan menarik orang dan berbicara dengan orang lain," kata Ferdinand kepada TalkSPORT.

Final Piala FA 2023/2024 tampaknya akan menjadi penentu masa depan Bruno Fernandes.

Andai mereka menang melawan rivalnya, Manchester City, di Stadion Wembley pada 25 Mei 2024, gelandang Portugal itu berpeluang besar bertahan.

Soalnya, kehadiran trofi Piala FA 2023/2024 juga melahirkan kans besar Erik ten Hag bertahan di Old Trafford.

Prediksi tersebut dilontarkan sejumlah legenda Manchester United lain, seperti Teddy Sheringham dan Gary Neville.

"Jika United memenangi Piala FA, dia (Ten Hag) bisa bertahan. Namun, bagi saya, perubahan diperlukan dan United harus menyelesaikannya secepatnya," kata Sheringham.

"Seorang manajer yang memenangi dua trofi dalam dua musim pertamanya di klub, menurut saya akan menjadi hal yang ekstrem," kata Neville.

Namun, di sisi lain, dua legenda United, yaitu Michael Owen dan Louis Saha, menegaskan bahwa klub harus berbenah.

Salah satu sorotan tentu mengganti Erik Ten Hag. Jika skenarionya demikian, tentunya ada kans Fernandes bakal cabut akhir musim ini.

"Dia tidak bisa, tidak bisa mengelola tim ini musim depan. Dia tidak cukup baik," tutur Michael Owen.

"Saya tidak melihatnya dengan jelas, tetapi mereka membutuhkan perubahan dari para pemain. Mereka juga membutuhkan perubahan darinya (pelatih)," kata Saha.

Sementara itu, Bruno Fernandes bergabung dari Sporting Lisbon pada Januari 2020 dengan kesepakatan senilai 55 juta pound.

Dia telah mencetak 79 gol dan memberikan 62 assist dalam 230 pertandingan.