Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, telah mengunjungi tujuh pemain diaspora yang berkarier di Belanda.

Dari pertemuan yang merupakan perintah Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, sang pelatih bakal memboyong mereka untuk ikut tampil bersama Timnas Indonesia U-20 di Toulon Cup 2024.

Ketujuh nama pemain yang ditemui Indra Sjafri itu ialah Jens Raven, Xavi Wouldstra, Maresmo Hinoke, Kaya Symons, Dion Markx, Sacha Deighton, dan D’Leanu Arts.

Indra Sjafri menyebut bahwa ia telah melapor ke Erick Thohir untuk memboyong keenamnya, kecuali Jens Ravens. Ia ingin Para pemain turut serta dalam agenda Indonesia U-20 yang bakal mentas pada Toulon Cup 2024 atau Maurice Revello Tournament di Perancis, 3-16 Juni 2024.

"Dari tujuh pemain ini, di luar Jens Raven, saya meminta kepada Pak Ketua Umum untuk diajak ke Toulon Cup. Kami berlatih di sana sekitar 5-7 hari. Setelah itu, kami upayakan bisa bermain di turnamen," ungkap Indra Sjafri usai memimpin latihan Timnas Indonesia U-20 di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Rabu, 15 Mei 2024.

Keinginan Indra Sjafri untuk menyertakan pemain diaspora ke agenda Timnas Indonesia U-20 ini bukan tanpa tujuan.

Pasalnya, sang pelatih menyebut bahwa momen tampil di Toulon Cup 2024 akan jadi ajang penilaian apakah mereka layak dipindah warga negara atau tidak.

"Setelah selesai, akan kami simpulkan apakah mereka akan dilanjutkan dengan dinaturalisasi," tutur Indra.

Proses penyertaan para pemain ke dalam agenda Timnas Indonesia U-20 ini menjadi upaya sang pelatih untuk melihat bakat-bakat terbaik.

"Jadi, sabar dulu karena saya sebagai pelatih akan bertanggung jawab kepada pemain yang saya pilih," katanya.

"Saya takut karena ini menyangkut masa depan dari pemain juga. Saya cukup hati-hati dan menginginkan banyak informasi tentang pemain yang akan kami tetapkan nanti," tutur Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-20 akan dipersiapkan untuk tampil di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.