Bagikan:

 

JAKARTA – Tim nasional Indonesia U-23 kekurangan senjata akibat absennya Justin Hubner dan Rizky Ridho dalam pertandingan penting melawan Guinea di playoff Olimpiade Paris 2024.

Duel kedua tim untuk merebut satu tiket tersisa cabang olahraga sepak bola ini akan berlangsung di INF Clairefontaine, Paris, Prancis, Kamis, 9 Mei malam WIB. Kick off laga dimulai pada pukul 20.00 WIB.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong memastikan skuadnya tidak bisa diperkuat oleh kedua nama di atas karena alasan berbeda. Ini menjadi salah satu masalah serius yang harus ia hadapi.

”Justin tidak dilepas [oleh klubnya]. Saya mengerti pihak klub. Sangat sedih dan disayangkan karena Indonesia tidak sering mendapat kesempatan lolos Olimpiade. Apalagi ini kesempatan terakhir,” katanya.

”Ridho memang karena kartu merah kemarin sehingga dia dilarang bermain dua kali selama pertandingan sampai pertandingan melawan Guinea,” tambah juru taktik asal Korea Selatan yang berusia 53 tahun tersebut.

Jajaran tim pelatih dan federasi sempat mengupayakan memanggil Elkan Baggott untuk mengisi kekosongan di lini belakang. Namun, sang pemain sampai saat ini tidak bisa bergabung dengan Garuda Muda. Shin pun terlihat agak kesal saat menjawab pertanyaan awak media ihwal sang pemain bisa bergabung atau tidak. 

”Untuk Elkan, mungkin media Indonesia bisa mengikuti jadwal dan kelakuannya dan mengetahui sendiri seperti apa,” jawab Shin.

Indonesia harus menjalani playoff Olimpiade setelah kalah melawan Irak dalam perebutan tempat ketiga di Piala Asia U-23 2024. Playoff adalah kesempatan terakhir buat Merah Putih lolos ke Prancis.

Pertandingan ini hanya berlangsung satu kali saja sehingga Indonesia perlu menang untuk lolos. Seandainya kalah maka skuad Garuda perlu menunggu empat tahun lagi dan belum tentu bisa mendapat kesempatan seperti sekarang.