Bagikan:

JAKARTA - Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah menggelar Kejuaraan Dunia Senam FIG edisi ke-53 atau 53rd Artistic Gymnastics World Championship.

Informasi itu dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Nicolas Buompane Federation Internationale de Gymnastique (Federasi Internasional Senam) melalui surat elektronik (surel), Jumat, 3 Mei kemarin.

“Komite Eksekutif FIG telah menyetujui alokasi Kejuaraan Dunia Senam Artistik FIG ke-53 kepada Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani),” demikian bunyi surat tersebut.

Persani sebelumnya memang sudah mengajukan diri untuk menggelar ajang ini. Acara ini akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 19-25 Oktober 2025.

Sebanyak 600 atlet termasuk dalam total 1.200 orang bersama ofisial dan juri dari delegasi-delegasi 78 negara akan ambil bagian di ajang ini.

Nomor yang akan dipertandingkan di ajang ini adalah artistik dan gimnastik. Indonesia akan mengambil bagian untuk mengumpulkan poin untuk Olimpiade berikutnya pada 2028 nanti.

Sekjen PB Persani Sri Sundari mengatakan bahwa rencananya ajang ini akan digelar Indonesia Arena. Ia pun berharap mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

“Terkait hal persyaratan kita harus mendapatkan dukungan dari pemerintah dan instansi kementerian lainnya seperti Kementerian Pariwisata, Kemendagri, Kemenkes dan kementerian lainnya,” ujar Sri Sundari.

Penunjukkan Indonesia menjadi tuan rumah ini melengkapi kabar gembira lolosnya Rifda Irfanaluthfi ke Olimpiade Paris, 26 Juli-11 Agustus. Rifda adalah pesenam pertama Indonesia yang lolos ke ajang akbar itu.