Bagikan:

JAKARTA – Kejuaraan Dunia Senam 2025 edisi ke-53 atau 53rd Artistic Gymnastics World Championship 2025 akan dihelat di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kepastian tersebut diutarakan oleh Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani), Ita Yuliati, di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, pada Selasa, 7 Mei 2024.

"Rencananya kami akan melaksanakan di Indonesia Arena dan aula latihannya di JCC (Jakarta Convention Center) A-B," ujar Ita dalam konferensi pers selepas pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Federasi Senam Internasional (FIG) sebelumnya dalam surel pada Jumat, 3 Mei 2024, sudah mengonfirmasi Indonesia akan menjadi tuan rumah 53rd Artistic Gymnastics World Championship 2025.

Ajang tersebut akan berlangsung pada 19-25 Oktober 2025. Total ada lebih dari 500 atlet dari 70 lebih negara akan menjadi kontestan ajang senam paling bergengsi ini.

Ita mengatakan pihaknya akan segera bergerak cepat membentuk panitia lokal dan perencanaan dengan pihak terkait agar acara yang dipercayakan kepada Indonesia ini bisa berjalan lancar.

"Ini kesempatan luar biasa bagi kami. Kami sangat berharap dengan dukungan pemerintah dan pemangku kepentingan semuanya untuk menjadi pemicu prestasi gimnastik Indonesia ke depan," ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Menpora mengatakan kepercayaan federasi senam internasional ini akan menjadi kesempatan bagus untuk memopulerkan cabang olahraga (cabor) senam di Indonesia.

"Gymnastic adalah salah satu mother of sport yang saya yakini termasuk olahraga yang harus dikuatkan dan fokus. Cabor gymnastic adalah salah satu cabor paling bergengsi di Olimpiade dan dunia," ujar dia.