Bagikan:

JAKARTA - Borussia Dortmund meraih kemenangan 1-0 atas Paris Saint-Germain di pertandingan pertama semifinal Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Kamis, 2 Mei 2024 dini hari WIB. Meski kalah peluang PSG ke final belum tertutup.

Kemenangan penting Dortmund meski hanya satu gol. Hasil itu setidaknya menjadi modal berharga Dortmund saat melakoni laga kedua di kandang PSG di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu, 8 Mei 2024 dini hari WIB.

Ya, Dortmund hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke final bertemu Bayern Munchen atau Real Madrid. Hanya saja, mereka bakal bekerja keras untuk mengamankan keunggulan tersebut.

Pasalnya, PSG pun selalu bisa bangkit untuk mengejar ketinggalan gol. Pada laga perempat final melawan Barcelona, jawara Ligue 1 Perancis ini kalah 3-2 di laga pertama yang digelar di kandang sendiri.

Namun pada pertemuan kedua di kandang Barca, PSG malah membantai tuan rumah dengan skor telak 4-1.

Ini yang menjadikan Dortmund belum bisa memastikan lolos ke laga puncak karena mereka masih akan menyambangi markas Les Parisiens.

Hanya, PSG harus menang minimal 2-0 untuk menyingkirkan Dortmund sekaligus melangkah ke final. Bila menang 1-0 maka pertandingan bakal dilanjutkan extra time dan kemudian adu penalti.

Pertarungan di kandang Dortmund memang berjalan imbang. Kedua tim saling serang karena PSG bermain terbuka. Tim asuhan Luis Enrique menunjukkan dominasi meski bermain di kandang lawan.

Bahkan mereka unggul ball possession. Penguasaan bola PSG mencapai 56% tetapi permainan mereka tak efektif sehingga gagal membobol gawang lawan.

Sebaliknya, Dortmund menunjukkan efektivitas dalam bermain. Meski tak selalu menyerang pertahanan PSG, namun mereka mampu menjebol gawang Gianluigi Donnarumma melalui striker Niclas Fuellkrug di menit 36.

Gol ini berawal dari umpan panjang bek Nico Schlotterbeck yang diterima Fuellkrug. Dirinya secara brilian menguasai bola dengan sekali sentuhan dan kemudian melepaskan tendangan yang menaklukkan kiper tim nasional Italia itu.

Upaya Fuellkrug sesungguhnya hendak dihentikan bek Lucas Hernandez. Namun bek asal Perancis ini tidak hanya gagal mencegah lawan mencetak gol.

Dirinya juga mengalami cedera di bagian kaki kiri. Tak lama kemudian Hernandez ditarik keluar dan digantikan bek Brasil Lucas Beraldo.

Tertinggal 1-0 tak membuat PSG menyerah. Mereka tetap bermain terbuka dan berusaha menekan pertahanan lawan.

Meski mampu menguasai bola, namun serangan Kylian Mbappe dkk selalu bisa digagalkan barisan belakang Die Borussen.

Di babak kedua, PSG kian meningkatkan demi mengejar defisit gol. Tercatat sepakan Mbappe masih membentur tiang gawang.

PSG memang benar-benar apes. Setelah Mbappe, giliran Achraf Hakimi yang gagal mencetak gol karena tendangannya juga mengenai mistar gawang.

Mbappe kemudian mendapat peluang kedua. Hanya saja kali ini usaha dia digagalkan kiper Gregor Kobel sehingga Dortmund bisa keluar dari tekanan.

Dortmund mulai mengambil inisiatif menyerang. Fuellkrug nyaris memperbesar keunggulan. Namun upaya dia masih tak membuahkan hasil. Begitu pula sepakan Julian Brandt bisa digagalkan bek Marquinhos.

PSG masih bisa menekan Dortmund menjelang akhir pertandingan. Pemain depan Ousmane Dembele berpeluang menyamakan skor. Namun sepakannya malah melambung.

Sedangkan tendangan Vitinha masih melebar di menit-menit sebelum bubaran. Sampai akhir pertandingan, skor tetap 1-0 untuk Dortmund.