Shin Tae-yong Kecewa atas Hasil Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 di Semifinal
Shin Tae-yong tetap mengapresiasi penampilan Indonesia U-23 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengaku kecewa terkait hasil Indonesia U-23 melawan Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Indonesia U-23 takluk 0-2 dari Uzbekistan U-23 pada laga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin, 29 April 2024, malam WIB.

Artinya, tiket ke babak final lepas dari genggaman Tim Merah-Putih sekaligus membuat peluang ke Olimpiade Paris 2024 menipis.

Hasil akhir itu jelas bukan sesuatu yang diharapkan Shin Tae-yong. Ia tak menutupi rasa kecewa, tapi juga turut menyayangkan beberapa hal dari laga ini yang ditengarai mengarah pada keputusan wasit yang kontroversial.

"Pertama, saya mengapresiasi usaha luar biasa dari para pemain Timnas Indonesia U-23. Saya menilai Uzbekistan U-23 bermain sangat baik," kata Shin Tae-yong selepas laga dikutip pada Selasa, 30 April 2024.

"Ada sesuatu yang saya nilai sedikit disayangkan. Namun, saya tidak mau menyebutkannya di sini (konferensi pers)," kata pelatih 53 tahun ini.

Pada laga tersebut, wasit Shen Yinhao memang membatalkan tendangan bebas Indonesia U-23 tepat di depan kotak penalti lawan. Tidak sampai di situ, wasit asal China tersebut juga menganulir gol Muhammad Ferarri pada menit ke-61.

Gol dianulir karena Ramadhan Sananta dinilai offside sebelum Muhammad Ferarri membobol gawang lawan. Padahal, jika gol pemain Persija Jakarta itu disahkan, kondisinya bisa berbeda dan Indonesia U-23 berpeluang memenangi pertandingan.

Kendati gagal meraih kemenangan di semifinal, Timnas Indonesia U–23 tak sepenuhnya gagal. Pasalnya, Garuda Muda masih punya kans untuk berburu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Mereka masih bisa mengusahakan perebutan peringkat ketiga untuk mendapat kelolosan otomatis ke Perancis.

Garuda Muda sudah dinanti Irak U-23 yang kalah dari Jepang U-23 (0-2) di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Seandainya kalah di perebutan tempat ketiga, ada cara terakhir yang bisa ditempuh. Timnas Indonesia U-23 masih bisa mengupayakan tiket ke Paris melalui babak playoff antarkonfederasi dengan menghadapi Guinea (peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023).