Hasil Liga 1 2023/2024: Derby Jatim Jadi Milik Persebaya, Menang 2-1 di Kandang 
Pemain Persebaya Paulo Henrique (tengah) melesakkan bola ke gawang Persik Kediri pada pertandingan pekan ke-34 Liga 1 Indonesia di Stadion GBT Surabaya, Minggu (28/4/2024). ANTARA/Rizal Hanafi

Bagikan:

JAKARTA - Persebaya Surabaya berhasil mengamankan kemenangan saat melakoni derby Jawa Timur (Jatim) kontra Persik Kediri. Tampil di Stadion Gelora 10 November sebagai kandang, Bajul Ijo menang 2-1 dari tim tamu. 

Meski akhirnya bisa mengamankan poin di kandang, usaha persebaya tak berjalan mudah. Karena hingga akhir babak pertama skor bertahan 0-0. 

Setelah pertandingan sengit tanpa hasil di babak pertama, laga kemudian berlanjut di babak kedua. Pada momen ini, kebuntuan akhirnya pecah bagi Persebaya yang membuka angka 1-0.

Gol pembuka tuan rumah tercipta di menit ke-54, Wildan Ramadhani memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Robson Duarte untuk menjebol Persik.

Angka pembuka itu membuat Persik merespons dengan cepat untuk menyamakan kedudukan. Kali ini giliran Fitra Ridwan yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia mencatatkan gol pertama Persik di menit ke-57 setelah memanfaatkan umpan tumit dari Flavio Silva.

Setelah pertandingan imbang, Persik mencoba menguasai situasi demi menambah keunggulan. Melalui tendangan jarak jauh Ze Valente pada menit ke-80, Persik nyaris unggul tapi tendangan itu masih melenceng dari gawang Persebaya.

Persebaya akhirnya bisa mencetak gol tambahan pada masa injury time babak kedua. Paulo Henrique yang menjadi penentu kemenangan tim tuan rumah dengan tendangan jarak dekat setelah lepas dari posisi offside. Persebaya menang 2-1.

Dengan tambahan tiga poin ini, Persebaya menyudahi musim dengan koleksi 42 poin, untuk sementara menempati posisi ke-11 klasemen Liga 1. Sementara itu, Persik ada di posisi ketujuh dengan raihan 48 poin, sementara di peringkat ketujuh.