Bagikan:

JAKARTA - Vietnam U-23 memastikan langkah ke perempat final Piala Asia U-23 2024 hanya dengan dua laga. The Golden Star sudah mengoleksi enam poin.

Perolehan poin itu sulit terkejar Malaysia U-23 dan Kuwait U-23 yang belum mengemas angka.

Kepastian tiket babak gugur mereka dapatkan usai menumbangkan Malaysia U-23 dua gol tanpa balas pada 20 April 2024.

Sebelumnya, Vietnam U-23 secara mengejutkan mengalahkan tim kuat Kuwait U-23 dengan skor meyakinkan 3-1 di laga pertama grup.

Fleksibilitas taktik menjadi kunci apiknya penampilan Vietnam U-23 di babak grup. Selain strategi itu berhasil saat melawan Kuwait U-23, tengok saja di laga melawan Malaysia U-23 ketika The Golden Star memainkan taktik berbeda di dua babak.

Paruh pertama, mereka bermain terbuka dan sukses mempertahankan keunggulan 1-0 melalui gol Khuat Van Khang (39') hingga turun minum.

Pada babak kedua, pelatih Hoang Anh Tuan lebih memilih bermain rapat dengan memperkokoh pertahanan sembari mencuri kesempatan serangan balik.

Taktik itu malah berbuah hasil. Malaysia U-23 yang fokus mencari gol penyama kedudukan malah lengah saat serangan balik Vietnam U-23.

Skema pergerakan cepat yang dimulai dari pertahanan sendiri justru membuat Harimau Malaya kerepotan. Buntutnya, Malaysia U-23 harus melanggar pemain Vietnam U-23 di kotak penalti.

"Para pemain melakukan tugasnya dengan baik. Mereka mengikuti taktik dan sangat disiplin, ini adalah hasil yang sangat bagus bagi Vietnam U-23."

"Itu adalah pertandingan yang sulit. Malaysia U-23 bukanlah tim yang lemah. Kami menderita di bagian akhir pertandingan. Babak kedua, kami bermain dengan serangan balik dan itu berhasil," kata pelatih Hoang Anh Tuan.

Vietnam U-23 dan Uzbekistan U-23 bakal menjadi wakil Grup D yang akan bertarung di perempat final. Keduanya sama-sama mengemas enam poin dari dua laga.

Laga terakhir Grup D antara Vietnam U-23 vs Uzbekistan U-23 pada 23 April 2024 hanya akan menentukan siapa juara grup.

Sementara itu, Vietnam U-23 dan Indonesia U-23 menjadi dua tim Asia Tenggara yang melangkah ke babak gugur. Lalu, Thailand U-23 harus memainkan laga terakhir untuk berburu tiket ke perempat final dan Malaysia U-23 sudah pasti gugur di babak grup.