Laga Timnas U-23 Ditunda, Polri: Harusnya Izin Diajukan 7 Hari Sebelumnya
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Laga uji coba antara Tim Nasional (Timnas) U-23 Indonesia dengan Tira Persikabo terpaksa ditunda karena surat izin pertandingan terlalu mepet dengan jadwal laga. Merujuk aturan pemohonan izin seharusnya sepekan sebelum acara dimulai.

"Sesuai dengan peraturan bahwa pengajuan izin keramaian tersebut harus diajukan 7 hari sebelum kegiatan. 7 hari atau seminggu sebelum kegiatan," ucap Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis, 4 Maret.

Hanya saja, dalam penyelenggaran pertandingan itu surat permohonan izin dari panita baru diterima Polri sehari sebelum acara berlangsung. Sehingga, izin pertandingan belum bisa dikeluarkan.

"Perlu diketahui bahwa surat pengajuan dari PSSI ke Mabes Polri baru diterima oleh Polri kemarin," ungkap dia.

Padahal, dalam pengeluaran izin Polri mesti mempertimbangkan beberapa hal. Terlebih, saat ini sedang masa pandemi COVID-19.

"Surat yang masuk tentunya membutuhkan waktu untuk diproses oleh Polri. Tentunya Polri memiliki mekanisme dalam mengeluarkan izin tersebut, salah satunya adalah melakukan kajian yang lebih dalam dari sisi keamanan dan lain-lain," kata dia

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, surat izin dari PSSI baru masuk pada Rabu, 3 Maret pagi. Padahal sore hari pertandingan Timnas U-23 vs Tira Persikabo bakal digelar.

“Izin sudah dilayangkan oleh panitia PSSI, tapi sangat disayangkan izinnya itu baru sampai pagi, sore pertandingan. Sementara ketentuannya kan harus melihat batas izinnya karena di Jakarta ini masih PPKM. Penyebaran COVID masih sangat tinggi yang perlu memang 5 M yang dilakukan termasuk terjadinya kerumunan yang harus dihindari sehingga pertandingan sepakbola kemarin kita tunda,” papar Kombes Yusri kepada wartawan, Kamis, 4 Maret. 

Adapun, Timnas Indonesia U-23 rencannya bakal melanggsungkan pertandingan uji coba melawan Tira Persikabo di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Laga uji coba ini merupakan persiapan dalam rangka Sea Games 2021 di Hanoi, Vietnam.