Mikel Arteta Puas Man City Tak Bisa Bobol Gawang Arsenal
Bek Arsenal Takehiro Tomiyasu (kiri) membuat striker Manchester City Erling Haaland frustrasi di laga yang berakhir imbang 0-0. (X/@Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal memetik hasil memuaskan meski hanya bermain imbang 0-0 melawan Manchester City dalam big match Premier League Inggris di Stadion Etihad, Minggu, 31 Maret 2024 malam WIB. Manajer Arsenal Mikel Arteta berhasil membuat Man City tak bisa mencetak gol di kandang sendiri selama tiga tahun terakhir.

Arsenal menciptakan rekor di kandang Man City. Dalam duel itu, Man City untuk kali pertama sejak Oktober 2021 tak bisa mencetak gol di kandang sendiri.

Tak hanya itu, Man City untuk kali pertama pula gagal mengalahkan Arsenal sejak Mei 2016. Saat itu, Arsenal yang masih ditangani Arsene Wenger sukses memaksa The Cityzens bermain imbang 2-2. Selanjutnya, Man City selalu mengalahkan The Gunners selama delapan laga terakhir di Etihad.

Keberhasilan Arsenal menahan Man City tidak terlepas dengan pertahanan solid mereka yang digalang Ben White dkk. Masuknya bek timnas Jepang Takehiro Tomiyasu pun menjadikan pertahanan Arsenal kian kuat.

"Laga yang berat karena kami menghadapi lawan yang tangguh. Kami bertahan dengan sangat baik. Jelas, kami bermain sangat bagus," ujar Arteta.

"Ini untuk kali pertama mereka tak bisa mencetak gol di kandang sendiri selama tiga tahun terakhir. Di sisi lain, kami sesungguhnya punya peluang mencetak gol. Sayang kami gagal melakukannya. Meski demikian, saya tetap senang," ucap dia lagi.

Di laga itu, mantan striker Man City Gabriel Jesus memiliki dua peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol. Hanya saja, dua sepakannya melebar. Selanjutnya, penyerang Brasil ini terlambat menyambut umpan silang Bukayo Saka.

"Saat Anda ingin memenangkan pertandingan, Anda harus bersiap untuk menang. Bila tak bisa menang, pastikan Anda bermain imbang. Anda harus menjadikan tim lebih baik dan terus memperbaiki diri. Dari pertandingan ini, kami melakukannya dengan baik," kata Arteta.

Pada laga musim lalu di tempat sama, Arsenal dihajar Man City 4-1. Kekalahan yang berujung kegagalan Arsenal meraih titel liga. Man City yang akhirnya tampil sebagai juara dan memenangi trofi liga untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Namun musim ini, Arsenal menunjukkan kemajuan saat menghadapi tim asuhan Pep Guardiola. Mereka menang 1-0 pada duel pertama di Emirates.

Selanjutnya, Arsenal menahan rivalnya di laga tandang. Meski demikian, Arteta mengakui Man City masih merupakan tim terbaik di muka bumi.

"Mereka tetap tim terbaik di dunia. Kami harus bisa mengejar mereka dan harus lebih baik dari mereka," ucapnya.

Meski berhasil memetik satu poin, namun Arsenal kehilangan takhta klasemen yang direbut Liverpool. Ya, Liverpool yang diuntungkan dengan hasil di Etihad.

Kemenangan 2-1 atas Brighton and Hove Albion menjadikan The Reds menduduki posisi puncak.

Mereka memiliki 67 pioin dan unggul dua poin dengan Arsenal. Sedangkan Man City masih berada di posisi tiga dengan mengantungi 64 poin.