Bagikan:

JAKARTA - AC Milan menunjukkan konsistensi dengan mengalahkan Fiorentina 2-1 dalam laga emosional Serie A Italia di Stadion Artemio Franchi, Minggu, 31 Maret 2024 dini hari WIB. Hanya pelatih Stefano Pioli merasa menyesa karena Milan sudah jauh tertinggal dengan Inter Milan.

Milan sukses meraih tiga poin di laga yang juga mengenang CEO Fiorentina Joe Barone. Kemenangan atas Fiorentina memantapkan Milan di posisi dua. Mereka pun sudah unggul enam poin dengan Juventus yang menelan kekalahan 1-0 dari Lazio.

Kemenangan atas Fiorentina menjadikan Milan mengantungi poin 65. Mereka memangkas jarak poin dengan Inter yang memimpin klasemen dari 14 menjadi 11 poin. Namun Inter berpeluang menjauh dan kembali unggul 14 poin bila mengalahkan Empoli, Senin, 1 April 2024 dini hari WIB.

Jarak poin yang sudah terlalu jauh menjadikan persaingan memperebutkan titel liga tak menarik lagi. Berbeda dengan Premier League Inggris yang masih ketat persaingannya dengan melibatkan tiga klub, Arsenal, Liverpool dan Manchester City.

Pelatih Stefano Pioli pun merasa puas bisa meraih kemenangan di laga tandang. Menurut dia tim menunjukkan kepercayaan diri yang kuat dan mampu mengontrol pertandngan.

"Kam melakukan pendekatan pertandingan dengan sangat baik. Kami bermain dengan kepercayaan diri kuat dan melakukan kontrol yang bagus," kata Pioli.

"Kami menjalani periode dengan performa bagus selama dua atau tiga bulan. Tim kian berkembang dan solid. Pemain saling mendukung dalam pertahanan," ucapnya.

Meski demikian, dia mengakui bila Milan sudah terlalu jauh tertinggal dengan Inter. Menurut dia Inter mampu memanfaatkan situasi saat Milan kehilangan banyak pemain yang cedera.

"Bila menyaksikan klasemen, seperti ada penyesalan karena jarak kedua tim bisa sampai 14 poin. Inter bisa mengambil keuntungan di bulan-bulan yang menentukan, yaitu saat kami kehilangan banyak pemain yang cedera," ujar Pioli.

"Kami kemudian kalah pada dua pertandingan kandang melawan Juventus dan Udinese. Kami juga bermain imbang saat menghadapi Napoli dan Lecce. Sebaliknya dari empat pertandingan, Inter mampu meraih 12 poin. Mereka juga bisa mempertahankan keuntungan itu," ucapnya.

Di pertandingan itu, Milan memecah kebuntuan setelah mencetak gol di menit 47. Gol dihasilkan Ruben Loftus-Cheek yang menyelesaikan umpan dari Rafael Leao.

Namun, tiga menit berselang, Fiorentina mampu menyamakan skor saat Alfred Duncan mencetak gol. Milan memberi respons cepat dan Rafael Leao berhasil membawa Milan kembali unggul menit 53. Skor 2-1 untuk Milan bertahan sampai akhir laga.

Kekalahan itu menjadikan Fiorentina tetap berada di papan tengah. Mereka menduduki peringkat 10 dengan poin 43.

"Kami sudah melakukan yang terbaik untuk menghormati direktur kami. Tetapi pemain kesulitan menghadap Milan," kata pelatih Vincenzo Italiano.