Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink, meminta adanya perubahan jadwal tim pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Sang pelatih meminta jadwal ditunda karena bentroknya jadwal kompetisi dan agenda Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.

Pada agenda itu, dua pemain Dewa United, yaitu Egy Maulana Vikri dan Ricky Kambuaya, masuk dalam daftar 26 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Skuad Garuda.

Namun, agenda tersebut ternyata berbenturan dengan sejumlah pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2023/2024 yang akan dimulai pada 27 Maret 2024.

Dewa United akan berjumpa Persita Tangerang pada 27 Maret 2024 yang artinya Egy dan Kambuaya absen di laga itu.

"Pertandingan selanjutnya, kami akan melawan tim yang berjuang melawan degradasi (Persita). Itu bukan laga mudah."

"Kami kehilangan pemain (Egy dan Kambuaya), saya tidak bisa membayangkannya," tutur Riekerink dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 19 Maret 2024.

Menilik situasi itu, juru taktik asal Belanda ini kemudian meminta adanya solusi dari pihak operator, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dia berharap adanya penjadwalan ulang laga pekan ke-30 yang menurutnya terlalu berdekatan dengan agenda Timnas Indonesia.

"Saya harap ada solusi dengan ada agenda Timnas Indonesia ini karena pada dasarnya olahraga adalah keadilan."

"Kami bantu (kirim) pemain ke Timnas indonesia. Kalau aturannya itu, saya terima," kata Riekerink.

"Sepanjang musim saya membangun tim. Saya berharap mereka (Egy dan Kambuaya) bisa tampil baik. Saya berharap kami bisa menunda pertandingan kami (lawan Persita)," tuturnya.

Terlepas dari harapan sang pelatih, Dewa United saat ini sedang berjuang untuk bisa menembus empat besar dan lolos ke Championship Series Liga 1 2023/2024.

Skuad asuhan Riekerink itu kini menempati posisi ketujuh dengan total raihan 41 poin. Mereka hanya terpaut lima poin dari Madura United di posisi keempat klasemen.