Parabalap Sepeda Indonesia Rebut Tiga Emas di Kejuaraan Asia
Tim parabalap sepeda merebut tiga medali emas dari Kejuaraan Balap Sepeda Lintasan 2024 (dok. NPC).

Bagikan:

JAKARTA – Timnas Parabalap sepeda Indonesia berhasil membawa pulang tiga medali emas dari Kejuaraan Balap Sepeda Lintasan 2024.

Pada kejuaraan yang berlangsung Gandhi Stadium, New Delhi, India, 22-26 Februari 2024, Indonesia total merebut 10 medali, masing-masing tiga medali emas, empat perak, dan tiga perunggu.

Tiga medali emas Indonesia masing-masing disumbangkan oleh Muhammad Fadli Imammuddin dan Sofyan Saori.

Fadli memborong dua medali emas dari kategori putra C4 Time Trial 1 Km dengan catatan waktu 1 menit 13,192 detik, unggul atas pebalap asal Arab Saudi, Bassam Almajrashi.

M. Fadli juga menjadi yang tercepat di kategori putra C4 Individual Pursuit (IP) 4000, kembali unggul mutlak atas Almajrashi.

"Saya cukup puas bisa meraih dua medali emas di kejuaraan parabalap sepeda Asia ini karena merupakan awal yang bagus di permulaan tahun 2024. Kejuaraan ini merupakan persiapan kami menjelang tampil di Paralimpiade Paris 2024," ucap Fadli.

"Perjuangan saya sangat berat selama berlomba di sini, apalagi melawan pebalap Arab Saudi. Intinya di nomor individual di mana saya harus melawan diri saya sendiri supaya kemampuan saya bisa berkembang kedepannya," tuturnya.

Medali emas ketiga dipersembahkan oleh Saori di kategori putra C5 4 Km. Saori finis tercepat mengungguli empat pesaingnya dengan catatan waktu 5 menit 09,528 detik.

Sementara itu, medali perak dan perunggu pada kategori ini diraih oleh duo atlet Malaysia, yakni Zuhairi Ahmad Tarmizi (perak) dan Muhammad Hafiz Jamali (perunggu).

"Pada kejuaraan ini saya harus bersaing ketat dengan lawan-lawan berat dari Malaysia, Thailand, dan India," kata Saori.

Pelatih parabalap sepeda Indonesia, Rizan Setyo Nugroho, mengatakan keberhasilan merebut tiga medali emas merupakan prestasi bagus bagi parabalap sepeda Indonesia dalam mengejar tiket tampil di Paralimpiade Paris 2024.

"Hasil sangat berarti bagi kontingen parabalap sepeda Indonesia karena ini merupakan perolehan poin menuju Paralimpiade Paris 2024," kata Rizan.

Kemudian, empat medali perak diborong oleh Tifan Abid Alana di kategori putra C3 Time Trial 1 Km, IP 3000 C3, Scratch Race C3, dan Omnium C3.

Adapun tiga medali perunggu semuanya direbut oleh Sufyan Saori dari kategori putra C5 Time Trial 1 Km, Omnium C5, dan Scratch Race C5.