Ketika Para Alumni UI Ikut Berlaga di Lapangan Hijau, Sepak Bola Mempersatukan
Para Alumni UI ikut pertandingan sepakbola. (IST)s

Bagikan:

JAKARTA - Para pegiat sepak bola Alumni UI dengan penuh semangat berkumpul di Stadion Universitas Indonesia (UI) Depok, tempat penyelenggaraan Pre Event II ILUNI UI Cup V/2024, meskipun sempat diguyur hujan. “Sepak bola mempersatukan bangsa,” tegas Prof. Drs. Effendi Gazali, M.Si., MPS., Ph.D mewakili alumni UI yang hadir.

“Ini kan menandakan ada kebebasan, bebas tidak ada golongan di sini, membutuhkan persatuan,” tambah Sarman El Hakim alumni 1989.

“Yang penting UI itu menjaga kewarasan dan keadilan dengan fisik yang baik,” sambung Effendi yang merupakan alumni Ilmu Komunikasi FISIP UI 1984.

Adapun event olahraga dilaksanakan ILUNI UI sebagai kegiatan rutin. “Kegiatan ini sudah beberapa kali kita lakukan, dan kami dari tim kesehatan menyatakan olahraga itu adalah olahraga yang bisa dilakukan siapa saja, dan ini angkatan yang serem-serem, senior, ” terang Anggota Dewan Penasihat ILUNI UI Dr.Jusuf Kristianto.

“Mereka optimal banget, jadi sepak bola merupakan pilihan untuk mempertahankan kesehatan dan juga menggabungkan agar kita reuni bareng dari seluruh alumni, dimanapun kita bisa bareng,” tambahnya.

Terdapat tiga laga yang dimainkan, pertama pertandingan persahabatan antara ILUNI UI Old Stars melawan Persija Old Stars. Beberapa Bintang Persija yang juga legenda nasional pada masanya turut hadir di Stadion UI, seperti Aji Ridwan Mas, Azhari Rangkuti, Patar Tambunan, Tonny Tanamal, Herry Kiswanto, Kamarudin Bettay, Nurwisman Koto,Syarifudin, Vernard Hutabarat, Nurwisman Koto, Patra Kadri dan lainnya.

ILUNI UI Old Stars harus mengakui keunggulan tim yang diperkuat legenda Persija dengan skor 1-5.

Kemudian ada juga pertandingan Alumni Challenge yang mempertemukan Alumni Biennial Intervarsity Games (BIG) yang di masa masih mahasiswa merupakan Tim Sepak Bola BIG UI, melawan juara Olahraga Intra Mahasiswa (Olim) UI Tahun 2023 yaitu Tim Fakultas Teknik UI. Pertandingan berakhir dengan skor 0-1 untuk FTUI.

Terakhir adalah pertandingan tambahan antara Tim alumni UI melawan Persija Old Stars. Laga penutup berakhir imbang 0-0.

Kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari ILUNI UI Cup V/2024. Sebelumnya, Pre Event I yang diselenggarakan pada 19 Desember 2023 mengawali rangkaian ILUNI UI Cup V/2024 saat tim PSUI yang mendapakan promosi ke divisi utama liga utama mahasiswa melakukan uji coba melawan Persija Muda. Skor berakhir 2-0 untuk Persija Muda saat pluit terakhir ditiup. Juga ada sesi latihan yang digelar pada beberapa akhir pekan dalam triwulan I 2024.

Kompetisi utama direncanakan pada pertengahan tahun 2024. Dengan estimasi perkiraan animo mencapai 725 pemain, 125 ofisial dan 52 pertandingan dari para pegiat sepak bola Alumni UI yang mewakili ILUNI fakultas/ program studi. Di UI terdapat beberapa komunitas / klub sepak bola di tengah keluarga besar alumni UI.

Ketua pelaksana Ochen FHUI 1990 menjelaskan bahwa akan ada tiga nomor pertandingan pada kompetisi bertajuk, ‘Bersinergi untuk Almamater’, yakni U40, Over 40, dan kelas Trofeo kelas 50, dimana pemain dalam tiga tim Veritas, Probitas, Iustitia, berdasarkan undian. Setiap kelasnya memiliki karakter fisik yang berbeda. Selain itu, terdapat Fan Fest penonton / suporter juga akan dipertandingkan.

Kegiatan olahraga ini bertujuan untuk menjadikan alumni dapat bersatu, bersinergi dengan guyub. Alumni UI juga merupakan bagian dari aset Bangsa Indonesia yang harus berkontribusi untuk membangun negeri. Oleh karenanya, kesehatan dan kebugaran yang merupakan faktor penunjang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi penting untuk diperhatikan. Beberapa program olahraga dibuat untuk alumni berbasiskan gaya hidup sehat.