Bagikan:

JAKARTA - Laga besar dua tim elite saat Manchester City sukses menaklukkan Tottenham Hotspur 1-0 di pertandingan babak keempat Piala FA di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu, 27 Januari 2024 dini hari WIB. Man City pun memecahkan rekor saat menyingkirkan rivalnya.

Man City punya rekor buruk saat tandang ke London Utara. Mereka belum pernah menang selama lima laga terakhir di kandang Tottenham.

Man City tercatat empat kali kalah di laga tandang tanpa pernah bisa mencetak gol. Tim asuhan Pep Guardiola juga dipaksa menyerah 1-0 oleh Tottenham di semifinal Liga Champions 2019.

Musim ini, kedua tim bertemu sebelumnya di Premier League Inggris di kandang Man City di Eihad. Di laga itu, kedua tim bermain imbang 3-3.

Rekor buruk Man City akhirnya diputus oleh gol kontroversial Nathan Ake menjelang akhir pertandingan. Kemenangan itu sekaligus menjaga peluang Man City mempertahankan treble.

Saat ini, The Cityzens masih bertahan di Piala FA dan Liga Champions. Di kompetisi Premier League Inggris, Man City menduduki peringkat dua dengan poin 43.

Sama dengan Arsenal dan Aston Villa yang berada di urutan tiga dan empat. Hanya, tim asuhan Pep Guardiola masih menyimpan satu pertandingan.

Sementara, Liverpool yang bakal ditinggalkan manajer Jurgen Klopp akhir musim ini bertengger di puncak klasemen. Liverpool sudah memiliki poin 48 dengan menyelesaikan 21 pertandingan.

Bila Man City menjaga asa meraih tiga trofi lagi, sebaliknya Tottenham kembali bakal nirgelar.

Tidak ada lagi trofi yang bisa dibidik setelah tersingkir di Piala FA dan Carabao Cup meski Tottenham sudah berganti manajer dan kini ditangani Ange Postecoglou.

Klub London Utara ini juga tak berkompetisi di Eropa. Sedangkan di kompetisi domestik, The Lilywhites masih tertahan di peringkat lima dan sudah tertinggal delapan poin dengan Liverpool.

Di pertandingan itu, Tottenham kehilangan kapten Son Heung-min yang masih membela Korea Selatan di Piala Asia 2023.

Man City sendiri belum diperkuat striker Erling Haaland karena belum pulih dari cedera kaki. Sedangkan gelandang Kevin De Bruyne mengawali laga dengan duduk di bench.

Man City, di laga itu, menunjukkan permainan menyerang yang impresif. Mereka mampu menguasai pertandingan sepanjang babak pertama.

Bahkan tim tamu sempat unggul melalui striker Oscar Bobb yang memanfaatkan bola liar.

Berawal dari tendangan Phil Foded yang menerima umpan dari Kyle Walker. Namun sepakan Foden masih bisa digagalkan kiper Guglielmo Vicario.

Hanya saja, bola muntah dan menjadi liar yang kemudian disambar Bobb. Sayangnya, gol dianulir karena setelah ditinjau lewat VAR, Bobb melakukan pelanggaran terhadap bek Cristian Romero.

Kebuntuan Man City akhirnya terpecahkan setelah Ake membobol gawang Tottenham saat laga tersisa dua menit lagi dalam waktu normal.

Gol berawal dari sepak pojok De Bruyne yang bisa dibuang kiper Vicario. Bola kemudian menjadi liar yang disambut tendangan Ake dari jarak dekat.

Namun gol itu mengundang kontroversi dan pemain Tottenham melakukan protes. Pasalnya pemain Man City Ruben Dias dinilai melakukan pelanggaran terhadap kiper sebelum gol Ake.

Wasit Paul Tierney memang meninjau insiden itu lewat VAR. Namun dia menilai tidak ada kesalahan dan tetap mengesahkan gol itu.

Skor 1-0 untuk Man City bertahan sampai akhir laga. Sang juara bertahan pun lolos ke babak selanjutnya.