Atlet Menembak Audrey Zahra Dhiyaanisa Harap Lolos Olimpiade Paris 2024
Atlet menembak Audrey Zahra Dhiyaanisa saat ditemui di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2024 (Cosmas Kopong Beda/VOI).

Bagikan:

JAKARTA – Atlet menembak Audrey Zahra Dhiyaanisa berharap bisa mendapat hasil terbaik di Asian Air Rifle/Pistol Championship 2024 untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Peluang Dhiyaanisa untuk bisa lolos ke multiajang empat tahunan terbesar dunia itu bisa terjaga andai ia lolos ke final nomor 50 meter 3 position rifle di Lapangan Tembak Senayan pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Dhiyaanisa mengatakan bahwa untuk bisa lolos memang tidak mudah karena persaingan ketat dengan atlet-atlet negara lain, terutama India dan Korea Selatan. Meski demikian, bekal uji coba dan pengalaman membuat ia percaya diri.

"Kami juga masih bisa untuk menyeimbangi mereka. Kami sudah uji coba ke luar negeri. Sudah banyak berlatih dan sudah mengikuti pertandingan internasional. Selain itu, kami juga punya pengalaman dan tinggal berusaha," ujar dia.

Sebelumnya, Dhiyaanisa sudah menjalani uji coba ke Azerbaijan dan Korea Selatan. Selain itu, ia juga membawa pengalaman tampil di Asian Games 2022 (2023) Hangzhou sekalipun belum mendapat hasil terbaik di ajang itu.

Dhiyaanisa mengatakan bahwa saat ini merasakan ada perkembangan yang lebih menjanjikan dibandingkan tahun-tahun kemarin. Karena itu, ia cukup percaya diri bersaing di Asia Air Rifle/Pistol Championship 2024.

"Kami sudah ada perkembangan dari tahun sebelumnya. Kami sudah bisa mulai menyaingi. Sudah ada yang masuk final. Bahkan, sekarang pun sudah ada yang lolos kuota," kata dia.

Pada akhir pekan nanti, Dhiyaanisa harus melewati babak kualifikasi terlebih dahulu untuk mendapat tiket ke final.

Seandainya tidak mendapat medali di final pun nasibnya ke Olimpiade tetap terbuka dengan catatan negara-negara yang mendapat medali sudah memenuhi kuota.

Jika skenario itu terjadi maka kuota sisa akan dilimpahkan ke negara lain. Meski demikian, Dhiyaanisa perlu berusaha agar tetap finis terbaik.

"Harapannya bisa ikut final dan mendapatkan kuota. Harus optimistis. Harus masuk final dulu. Dari final, India dan lainnya sudah dapat kuota dan kami punya kesempatan. Kalau peringkat tidak bisa karena tergantung hasilnya di final," jelas Dhiyaanisa.

Saat ini cabang olahraga menembak sudah mengamankan satu tiket melalui Fathur Gustafian setelah finis keempat di nomor 10 meter air rifle putra.

Meski finis keempat, Fathur tetap ke Olimpiade Paris 2024 karena China dan India yang mendapat medali emas dan perunggu sudah memenuhi kuota multiajang empat tahunan terbesar dunia itu.