Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia sudah dua kali menggelar uji coba selama pemusatan latihan (TC) di Turki untuk persiapan Piala Asia 2023.

Pada dua partai latih tanding melawan Libya, Skuad Garuda menelan kekalahan. Pertama, kalah 0-4 dan laga kedua takluk 1-2.

Kendati demikian, Timnas Indonesia mendapat pelajaran berharga dari dua laga itu. Hal itu diungkapkan salah satu pemain, Yakob Sayuri, yang menjadi pencetak gol satu-satunya Skuad Garuda melawan Libya.

"Saya mengapresiasi kerja keras teman-teman di pertandingan dan mungkin dilihat sendiri di pertandingan melawan Libya masih ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan, baik itu individu maupun sebagai tim," kata Yakob.

"Penampilan saya masih banyak kurangnya yang mesti dibenahi, baik dari penyerangan maupun bertahan. Saya harus belajar lagi melalui video pertandingan."

"Bagi yang sudah baik terus ditingkatkan dan yang kurang akan saya benahi dan tingkatkan lagi di latihan," kata Yakob selepas laga.

Yakob lebih lanjut menilai bahwa Timnas Indonesia sudah mengalami perkembangan selama TC di Turki. Menurutnya, Skuad Garuda tinggal meningkatkan chemistry sesama pemain biar tim kian solid.

Dia berharap penampilan tim di Piala Asia 2023 bisa maksimal dan konsisten. Masih ada beberapa hari ke depan untuk membenahi kekurangan selama di TC.

"Secara pribadi, kondisi jauh berbeda dari sebelumnya. kami fokus fisik dan taktik. Fisik bertambah dan terus bertambah. Pada dua pertandingan uji coba, fisik semakin baik. Tinggal chemistry makin ditingkatkan."

"Semoga beberapa hari ke depan menjelang Piala Asia 2023 kami bisa lebih giat lagi untuk semua itu dan tampil lebih konsisten di Piala Asia," tutur Yakob.

Setali tiga uang dengan Elkan Baggott. Pemain Ipswich Town itu juga mendapat pelajaran dari dua laga uji coba Timnas Indonesia.

Dia yakin Timnas Indonesia akan lebih baik ketika tampil di Piala Asia 2023.

"Laga uji coba kami mendapat pelajaran agar kami tidak membuat kesalahan yang sama saat Piala Asia nanti," kata Elkan.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama Irak, Vietnam, dan Jepang. Laga perdana melawan Irak akan dihelat pada 15 Januari 2023.

Sebelum bertarung di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia masih punya satu laga uji coba melawan Iran pada 9 Januari 2023 di Qatar.