Bagikan:

JAKARTA - Joseph Parker berhasil mengalahkan Deontay Wilder dengan kemenangan angka mutlak 118-111, 118-110, dan 120-108 dalam duel kelas berat bertajuk Day of Reckoning di Kingdom Arena, Arab Saudi, Minggu, 24 Desember 2023.

Kemenangan itu membuat Parker mengamankan sabuk juara WBO Interkontinental dan WBC Internasional yang sebelumnya kosong plus uang 10 juta dolar AS atau sekitar Rp154 miliar.

Sementara itu, kekalahan Wilder tersebut tentu di luar prediksi banyak orang. Soalnya, petinju Amerika Serikat itu diunggulkan bisa melewati Parker demi mewujudkan duel dirinya melawan Anthony Joshua.

Namun, ternyata Parker tampil dominan selama 12 ronde yang membuatnya menang angka mutlak.

Petinju Selandia Baru itu menunjukkan ketahanan sekaligus kemauan besar membuktikan dirinya sebagai penantang serius di kelas berat.

Boleh dibilang, ini merupakan kemenangan terbesar dalam karier Parker, bersama dengan kemenangan gelar dunianya pada tahun 2016. Secara instan, namanya melambungkan kembali ke dunia kelas berat utama dan mungkin akan mendapatkan bayaran jutaan dolar lagi pada 2024.

Sebagai gambaran, tengok saja keadaan Parker tahun lalu. Dia dalam ketidakpastian setelah kekalahan sepihak dari petinju Inggris, Joe Joyce.

Banyak pertanyaan lantas muncul apakah Parker akan terus berjuang dalam karier tinju profesionalnya.

Bahkan, petinju 31 tahun itu sempat melawan orang yang sama sekali jauh dari kata terkenal pada Mei 2023 saking putus asanya.

Joseph Parker akhirnya melewati masa sulit. Dia telah membuktikan dirinya di mata para penggemar. Seorang mantan juara dunia, yang pernah bertarung di panggung terbesar pada tahun 2018 melawan bintang tinju terbesar, saat itu dia melakukan sebelum berusia 30 tahun.

Namun, kini Parker telah bangkit dari rasa frustrasi dan kembali ke orbit gelar yang pernah dia pegang.