Bagikan:

JAKARTA - Kejutan terjadi pada babak 32 besar Piala Belanda atau KNVB Beker. Ajax Amsterdam tersingkir setelah dikalahkan tim amatir yang berkompetisi di Divisi Empat, USV Hercules, dengan skor 2-3 di Stadion Galgenwaard, Utrecht, Jumat, 22 Desember 2023, dini hari WIB.

Kegagalan Ajax menjadi kejutan di Piala Belanda. Hasil buruk di turnamen tersebut menjadi sinyal bila Ajax memang mengalami keterpurukan musim ini.

Sejak ditinggalkan Erik ten Hag yang pindah ke Manchester United, raksasa Eredivisie Belanda ini masih belum bangkit.

Bahkan, musim ini Ajax sempat terjun bebas dan masuk zona degradasi. Beruntung, De Godenzonen akhirnya berhasil memperbaiki posisinya.

Kini, Ajax bertengger di peringkat kelima dengan poin 25. Namun, mereka sudah tertinggal 23 poin dari PSV Eindhoven yang selama ini menjadi rival Ajax.

Pada pertandingan Piala Belanda, Ajax jelas sangat diunggulkan karena menghadapi sebuah tim amatir. Pelatih Herculs, Rene van der Kooij, menyebutkan bila peluang timnya untuk menang hanya 2%.

Artinya, Ajax yang diprediksi lolos. Bahkan, mereka tetap yakin meski tak didampingi pelatih John van 't Schip. Sang pelatih memilih mendampingi anak laki-lakinya yang melangsungkan pernikahan di Australia.

Meski demikian, Ajax mengawali laga dengan baik. Ajax langsung unggul lewat gol gelandang Tim Pieters pada menit ke-16. Skor 1-0 untuk Ajax sempat bertahan sampai akhir babak pertama.

Selanjutnya, pada babak kedua, Ajax memperbesar keunggulan. Pieters mencetak brace pada menit ke-66 dan menguatkan Ajax untuk lolos ke babak berikutnya.

Namun, Hercules menolak menyerah. Sampai menjelang akhir pertandingan, mereka tetap memberi perlawanan sampai akhirnya Brian Brobbey mencetak gol pada menit ke-83.

Hanya dalam tempo enam menit, Hercules sudah bisa menyamakan kedudukan. Gol kedua mereka diciptakan Chuba Akpom dan skor menjadi 2-2.

Tuan rumah kian bersemangat saat laga memasuki injury time. Serangan mereka akhirnya memberi hasil saat Mats Grotenbreg membobol gawang Ajax. Gol Grotenbreg menjadi kejutan karena Hercules berhasil menang 3-2 dan menyingkirkan Ajax.