Bagikan:

JAKARTA – Mantan pemain Timnas Italia, Marco Materazzi, menyebut Radja Nainggolan pasti punya pertimbangan tertentu saat memutuskan bergabung ke klub Liga 1 Indonesia.

Nainggolan resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Bhayangkara FC pada 4 Desember 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Eks pemain Inter Milan itu baru saja menjalani debut bersama tim barunya ketika menjamu Persita Tangerang, Minggu, 17 Desember 2023. Laga itu berakhir dengan skor 3-0 buat The Guardian.

Materazzi mengatakan bahwa keputusan Nainggolan jelas membawa banyak hal positif buat sepak bola Indonesia. Apalagi sang pemain punya jam terbang di Eropa.

"Pemain berkelas dunia yang sangat terkenal seperti Radja Nainggolan. Dia pernah main di Italia dan Eropa, tetapi memutuskan ke Indonesia berarti dia melihat ada potensi. Jadi, mudah-mudahan ke depan (sepak bola) Indonesia bisa berkembang lagi," kata Materazzi.

Lebih lanjut, Materazzi menilai sepak bola Indonesia saat ini sudah berada di jalur yang semakin membaik. Ia meyakini keadaan ini akan terus berubah karena banyak talenta yang begitu bersemangat.

"Ada banyak sekali pemain-pemain muda dan sangat bersemangat untuk berkontribusi buat Indonesia. Jadi, ini harus menjadi suatu kebanggaan buat Indonesia," kata dia.

Materazzi datang ke Indonesia bersama legenda sepak bola Spanyol, Carles Puyol. Kedua pemain ini hadir menyemarakkan persiapan Euro 2024.

Kejuaraan tersebut akan berlangsung tahun depan di Jerman dari tanggal 14 Juni sampai 14 Juli 2024. Euro 2024 menjadi edisi ke-17 turnamen sepak bola antarnegara Eropa tersebut.