Hasil Liga 1 2023/2024: Persija Akhirnya Memutus Tren Seri
Persija vs PSS pada pekan ke-23 Liga 1 2023/2024 (Instagram/@persija).

Bagikan:

JAKARTA - Persija Jakarta menjamu PSS Sleman pada pekan ke-23 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu, 16 Desember 2023.

Laga ini kembali dipimpin wasit asing asal Jepang, Futoshi Nakamura.

Kedua tim sama-sama berambisi meraih tiga poin untuk memperbaiki peringkat. Apalagi Macan Kemayoran ingin mempersembahkan kemenangan pertama buat pendukungnya sejak terakhir kali menang pada bulan lalu.

Sebagaimana diketahui, Persija sedang tidak dalam tren apik. Mereka meraih tiga hasil seri beruntun sebelumnya.

Ambisi itu membuat Macan Kemayoran mengambil inisiatif serangan lebih dulu pada awal babak pertama. Mereka mengancam pada menit ketujuh, tapi serangannya hanya berakhir tendangan gawang.

Kedua tim menampilkan permainan rapat. Pertahanan ketat dari masing-masing tim membuat permainan lebih banyak dihabiskan di lini tengah.

Lini bertahan kedua tim baru bisa ditembus setelah seperempat jam laga berjalan.

PSS sempat mempunya kans membuka keunggulan. Namun, sepakan bebas Jonathan bustos pada menit ke-17 dihalau Andritany Ardhiyasa.

Tuan rumah lantas mendapat peluang emas tiga menit kemudian. Hanya saja, sepakan keras Ryo Matsumura masih bisa diamankan Anthony Pinthus.

Super Elang Jawa membalas pada menit ke-25. Esteban Vizcarra berhasil menyundul bola memanfaatkan umpan silang Elvis Kamsoba, tapi belum menemui sasaran.

PSS kembali memberikan tekanan kepada tuan rumah pada menit ke-36. Namun, Thales telanjur terjebak offside lebih dulu.

Tak ada gol tercipta pada babak pertama meski kedua tim banyak menciptakan peluang.

Pada babak kedua, Persija dan PSS tampil lebih berhati-hati. Mereka tampak bermain lebih menunggu untuk mengancam dengan serangan balik.

Hanya saja, pertahanan keduanya masih kokoh. Begitu memasuki kotak penalti, para pemain bertahan sigap memutus serangan sebelum sampai ke kiper.

Kondisi itu membuat Persija vs PSS minim peluang emas hingga laga berjalan sejam.

Baru pada menit ke-69 Macan Kemayoran punya kans besar membuka keunggulan. Berawal dari serangan balik cepat yang dilakukan Ryo Matsumura di sisi kanan penyerangan, dia melepas umpan silang terukur kepada Marko Simic yang sudah tak dikawal.

Sayang, sepakan first time kaki kiri Simic masih melambung.

Begitu juga dengan PSS. Mereka bisa menembus pertahanan tuan rumah dan nyaris unggul pada menit ke-76.

Hanya saja, sepakan Elvis Kamsoba yang sudah lolos dari penjagaan masih bisa diblok Andritany.

Saat laga hampir kelar dan kedudukan masih 0-0, Persija mendapat keuntungan dari wasit pada injury time, tepatnya menit 90+2.

Pelanggaran Thales kepada Marko Simic di kotak penalti berujung penalti. Ondrej Kudela yang menjadi eksekutor sukses melaksanakan tugasnya.

Kemenangan ini sekaligus memutus deretan hasil kurang apik Persija dalam tiga laga sebelumnya. Mereka akhirnya bisa kembali ke jalur kemenangan setelah tiga kali beruntun seri.

Peringkat mereka di klasemen Liga 1 2023/2024 juga naik satu tangga. Persija menggusur RANS Nusantara dan menempati peringkat ketujuh dengan 33 poin.