Bagikan:

JAKARTA - Perubahan metode latihan Manchester United memberi efek nyata saat mereka mengalahkan Chelsea 2-1 dalam big match Liga Inggris 2023/2024.

Setan Merah berharap mempertahankan metode latihannya saat kembali bertindak sebagai tuan rumah dengan menjamu Bournemouth, Sabtu, 9 Desember 2023, malam WIB.

MU memburu kemenangan berikutnya. Laga kandang harus dimaksimalkan demi memperbaiki posisi.

Pasalnya, MU harus bisa masuk zona Liga Champions. Terutama setelah peluang lolos ke babak knockout Liga Champions 2023/2024 terancam pupus karena menduduki dasar klasemen grup.

Kemenangan atas Chelsea memang telah memperbaiki posisi MU. Hanya, The Red Devils masih berada di luar empat besar. Saat ini, tim tertahan di peringkat keenam dengan poin 27.

Kini, MU mendapat kesempatan naik peringkat setelah Tottenham Hotspur dan Newcastle United menelan kekalahan. Syaratnya, MU harus bisa menjaga performa saat menjamu Bournemouth.

Ini menjadi masalah pasukan Erik ten Hag yang masih tak konsisten. Tak heran bila Ten Hag mendapat kritikan karena performa yang cenderung naik-turun.

Setelah kalah 0-1 dari Newcastle, mereka memang akhirnya bangkit dengan menaklukkan Chelsea 2-1 lewat dua gol Scott McTominay.

McTominay menuturkan keberhasilan mengalahkan Chelsea tidak terlepas dari perubahan latihan yang dilakukan Ten Hag.

Menurut dia, kini eks pelatih Ajax Amsterdam tersebut hanya memberi latihan ringan menjelang pertandingan.

Metode itu membuat pemain riang gembira saat menjalani latihan. Mereka juga terlihat fresh saat memasuki lapangan meski menghadapi laga besar.

"Manajer memang terbuka dengan kami. Ada perubahan metode latihan saat menjelang pertandingan. Kami lebih banyak melakukan latihan ringan saja," kata McTominay.

"Ini membuat energi kami tidak terkuras saat pertandngan. Kami juga tetap fresh dan sudah siap menghadapi laga berikutnya."

"Sebelumnya, kami lebih banyak menjalani latihan berat dan cepat," ucap kapten Timnas Skotlandia itu.

Metode latihan yang lama membuat pemain kelelahan. Apalagi, mereka menghadapi tekanan mental menyusul krisis yang melanda tim.

Namun, kemenangan atas Chelsea setidaknya telah melepaskan beban itu. Mereka juga sudah siap melakoni laga berikutnya melawan Bournemouth.

Pada laga ini, Ten Hag kemungkinan melakukan perubahan di sektor belakang bila Sergio Reguilon menjadi starter di posisi bek kiri.

Dengan demikian, Luke Shaw bakal digeser untuk menempati jantung pertahanan bersama Harry Maguire yang sudah tak lagi melakukan blunder. Sebaliknya, dia sudah menunjukkan sebagai salah satu centre back andalan.

Sedangkan di sektor depan, Marcus Rashford bakal kembali menjadi starter. Setelah dibangkucadangkan saat menghadapi Chelsea, dia kembali diberi kesempatan unjuk kemampuan.

Striker Rasmus Hojlund masih menjadi pilihan pertama meski tak pernah mencetak gol di Liga Inggris.

Hojlund ditopang Rashford bersama Bruno Fernandes dan Alejandro Garnacho. Sedangkan di tengah, McTominay tetap berduet dengan Kobbie Mainoo meski Sofyan Amrabat siap dimainkan.

Di atas kertas, MU sedikit diunggulkan saat menjamu Bournemouth. Persoalannya tim lawan menunjukkan tren bagus. Di laga sebelumnya, mereka menaklukkan tuan rumah Crystal Palace 2-0

Setelah dihajar Manchester City 1-6, Bournemouth tak pernah kalah selama empat laga terakhir. Bahkan mereka menghabisi Newcastle United 2-0 dan bermain seri 2-2 melawan Aston Villa.

Hanya, membaiknya performa yang agak telat menjadikan Bournemouth masih berkutat di papan bawah. Mereka menduduki peringkat ke-15 dengan memiliki poin 16.

Pada laga nanti, Manajer Andoni Iraola kembali mengandalkan duo gelandang Ryan Christie dan Lewis Cook yang menjadikan lini tengah solid.

Sedangkan striker Dominic Solanke menjadi ujung tombak. Dia ditopang Antoine Semenyo, Marcus Tavernier, dan Dango Ouattara. Tidak perubahan di sektor belakang yang masih solid.

MU sendiri tidak ada waktu istirahat. Pemain harus cepat melakukan recovery karena bakal melakoni laga dengan jadwal padat.

Kemenangan atas Bournemouth akan menjadi modal penting MU menghadapi Bayern Munchen di laga terakhir penyisihan grup Liga Champions.

Selanjutnya, The Red Devils meladeni Liverpool dalam The Nortwest Derby di Anfield. Jadi, MU bakal berusaha keras memenangi laga melawan Bournemouth ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): Onana; Dalot, Maguire, Shaw, Reguilon; McTominay, Mainoo; Rashford, Fernandes, Garnacho; Hojlund

Bournemouth (4-2-3-1): Neto; Smith, Zabarnyi, Senesi, Kerkez; Cook, Christie; Semenyo, Kluivert, Tavernier; Solanke