Bagikan:

JAKARTA – Kepala tim Mercedes, Toto Wolff, mengonfirmasi mereka benar-benar melakukan perubahan besar pada mobil W15 untuk menghadapi balap Formula 1 2024.

Perubahan tersebut dilakukan hampir semua komponen. Ini merupakan upaya besar untuk mengembalikkan Mercedes ke jalur kemenangan, tetapi tetap saja ada risiko kesalahan yang dilakukan.

"Kami mengubah konsepnya. Kami benar-benar beralih dari tata letak sasis, distribusi bobot, dan aliran udara. Hampir semua komponen diubah karena hanya dengan melakukan itu saya kira kami punya peluang, (tetapi) kami juga bisa salah," kata Wolff dilansir Racing News 365.

Tim yang bermarkas di Brackley itu mulai tidak kompetitif pada balapan jet darat dunia itu sejak peraturan teknis baru diperkenalkan tahun lalu.

Mereka bahkan hanya meraih satu kemenangan dalam dua musim F1. Hasil itu kontras dengan periode yang sangat sukses dari 2014 hingga 2020, yang mana mereka selalu memenangi gelar setiap tahun.

Tahun ini Mercedes bahkan mengalami musim tanpa kemenangan untuk pertama kalinya sejak 2013. Hasil yang membuat pebalap mereka, Lewis Hamilton, sempat meragukan masa depannya.

Wolff mengatakan bahwa sekalipun ada perubahan besar yang dilakukan, dirinya tidak begitu optimistis dengan mobil baru pada musim depan.

"Jika Anda bertanya kepada saya, selalu ada skeptisisme. Namun, itulah mentalitas tim dan itulah yang mendorong kami untuk terus maju dan tidak pernah menyerah."

"Seumur hidup saya, saya tidak pernah merasa optimistis terhadap apa pun. Yang membuatnya terdengar sedikit menyedihkan," katanya.

Mercedes mengakhiri musim ini sebagai runner-up di klasemen konstruktor pada F1 Grand Prix Abu Dhabi akhir pekan lalu. Mereka unggul atas Ferrari yang finis di urutan ketiga.