Bagikan:

YOGYAKARTA - Olahraga skydiving merupakan kegiatan olahraga yang mengasyikan karena hal ini dilakukan dengan cara terjun langsung dari pesawat kecil. Tentunya hal ini menjadi sebuah kesenangan tiada tara bagi para pencinta adrenalin. Namun, apakah ada rekomendasi tempat skydiving di indonesia?

Pasalnya, di dalam permainan skydiving ini tidaklah menggunakan alat yang biasa-biasa saja, melainkan membutuhkan banyak sekali penunjang seperti pesawat, pilot, dan alat terbang skydiving.

Mengenal Olahraga Skydiving

Kalau bicara skydiving tentu banyak orang yang setuju kalau ini termasuk ke deretan olahraga yang paling ekstrem di dunia. Pasalnya, untuk melakukan ini pilot pesawat harus mencapai ketinggian minimal 4.000 meter dan membuka parasutnya pada ketinggian sekitar 800 Meter dari permukaan tanah.

Dalam melakukan skydiving, sebelum melakukan lompatan penerjunan harus memerhatikan tekanan udara, ketinggian minimal awal melakukan lompatan, dan jarak minimum dari titik yang akan menjadi tempat tujuan. Nah, masalahnya adakah di Indonesia? Tentu saja, berikut kita bakal mengulas beberapa lokasinya.

Rekomendasi Tempat Skydiving di Indonesia

1. Pondok Cabe, Tangerang Selatan

Tempat ini ada di area Jabodetabek, tepatnya di Bandara Udara Pondok Cabe yang berlokasi di Pamulang, Tangerang Selatan, deket banget 'kan sama ibu kota? Lapangan terbang yang satu ini digunakan pangkalan untuk militer, tetapi juga melayani penerbangan buat warga sipil.

Angkatan Udara banyak yang melaksanakan latihan menerbangkan parasut maupun terjun payung di sini. Ada beberapa opsi armada pesawat yang dapat kalian coba bila kalian memutuskan buat skydiving di sini. Mulai dari Casa 212, Pesawat Cessna 206, sampai Skytruck serta Beechcraft.

Para tamu skydiver nantinya bakal diterbangkan sampai ketinggian 10.000 kaki dan akhirnya terjun ke bawah. Harga yang dibanderol buat berolahraga ekstrem ini bisa dikatakan lumayan, yaitu kisaran Rp3 jutaan. Namun, mengeluarkan bujet segitu untuk pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup kayaknya enggak masalah, deh!

2. Danau Lido, Jawa Barat

Masih berlokasi di wilayah Jabodetabek, lebih tepatnya di wilayah Cigombong, Bogor, Danau Lido merupakan destinasi yang cukup familier untuk para skydiver sekitaran ibu kota. Pasalnya, di danau itu malah pernah jadi spot untuk kompetisi berolahraga parasut tingkat internasional. Jadi, untuk kalian yang tinggal di sekitaran Jabodetabek serta mau mencoba, ya, ke sini saja.

Tempat ini boleh dibilang cukup unik sebab umumnya skydiving dilakukan di zona perbukitan yang hijau. Sebaliknya di sini, kalian malah bakal melihat panorama alam indah dari Danau Lido yang luas serta memiliki warna kebiruan dari atas langit. Pastinya, bakalan jadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan dong.

Jangan lupa buat mempersiapkan bujet yang lumayan tebal sebab buat menggelar skydiving bersama tandem berpengalaman, kalian wajib banget merogoh kocek hingga Rp3 jutaan rupiah. Harga tersebut tentunya belum termasuk bayaran buat dokumentasi alias foto-foto yang berharga kisaran di angka Rp1 jutaan.

3. Pangandaran, Jawa Barat

Siapa sih yang tidak tahu dengan Pantai Pangandaran? Pantai ini tak perlu lagi ditanyakan soal kepopulerannya di Jawa Barat serta kerap jadi destinasi wisata untuk turis yang berasal dari luar kota serta luar negeri. Pangandaran merupakan sebuah pantai yang keelokan alamnya tidak bisa diragukan lagi.

Di sini kalian dapat belajar banyak terkait tentang skydiving. Apalagi ada kelas eksklusif untuk skydiver yang masih pemula alias newbie. Kalian bakal diajak terbang dengan pesawat sampai ketinggian 10.000 kaki setelah itu terjun ke bawah bersama dengan pendamping tandem yang terlisensi selaku ahli. Jadi, enggak perlu kawatir, deh!

Berapa bayaran yang harus kita keluarkan? Harga yang dibanderol buat menjajaki skydiving di pantai Pangandaran lumayan besar yaitu sekitar Rp5 jutaan. Namun, harga tersebut telah termasuk dengan asuransi serta dokumentasi. Sebanding ya.

Sebaliknya buat bayaran kursus skydiving berada di angka Rp25 jutaan. Kursus dilaksanakan selama lima hari berturut-turut dengan fasilitas berbentuk akomodasi dan makan. Tertarik buat mencobanya?

4. Nusawiru Paracenter, Jawa Barat

Masih di Jawa Barat, berlokasi di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Kondangjajar, Cijulang. Nusawiru sendiri ialah lapangan terbang kecil sebenarnya. Apabila Kalian yang mau merasakan keseruan skydiving di sini, ya, dapat datang saja. Saking populernya, di sini sampai menyediakan tiga tipe penerjunan yang berbeda, loh!

Seperti biasa, kalian bakal dibawa terbang tinggi dengan memakai pesawat, setelah itu terjun bersama tandem profesional. Dari atas, panorama alam indah lapangan terbang Nusawiru dan hijaunya kota Ciamis bakal jadi teman untuk menghibur hati tatkala sedang terjun.

Bayaran yang dibutuhkan buat bisa merasakan skydiving di sini mulai dari 4,5 juta rupiah. Sarana yang didapat antara lain tandem profesional, biaya pesawat, dan dokumentasi berbentuk foto serta video. Oke, lah!

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

Kali ini kita bakalan bergeser ke daerah timur dari Pulau Jawa. Gunung Bromo nyatanya tidak cuma populer dengan keelokan puncak maupun festival-nya saja. Tak cuma seru doang untuk naik jeep serta menikmati panorama alam pasir berbisik, tapi kalian pula dapat mencoba skydiving di sini!

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger ini nyatanya tampak luar biasa dari ketinggian, apalagi saat terjun, wih! Kalian dapat bertanya mengenai vendor yang menyediakan sarana skydiving di Bromo. Namun, harganya rata-rata yang ditetapkan berada di angka kisaran Rp3 jutaan.

Sembari mencoba berkuda, berkendara, setelah itu skydiving. Bromo memanglah memiliki magnet yang luar biasa untuk para turis! Jadi pingin ke sana bukan?

6. Pantai Timbis, Bali

Pulau Dewata yang katanya surga untuk turis lokal ataupun mancanegara rupanya menawarkan berbagai ragam wahana menarik, loh! Tidak hanya keelokan alamnya yang tidak perlu diragukan lagi, tapi wisatawan juga dapat merasakan bermacam rupa kegiatan mulai dari jalan-jalan, surfing di pantai, serta menyelam.

Adat istiadat, festival, kuliner, serta keramahan warga Bali pula jadi daya tarik tersendiri. Namun, hebatnya lagi, kalian pula dapat melaksanakan skydiving di sini, tepatnya di Pantai Timbis yang berlokasi di Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Kuta Selatan.

Pada saat mencoba skydiving, kalian bakal dibawa terbang serta meluncur dari ketinggian menuju daratan. Namun, tidak cuma itu saja sih, kalian pula bakal melihat sendiri keelokan Pantai Timbis dari ketinggian. Suatu pengalaman luar biasa yang tidak bakal pernah terlupa, bukan?

Jadi, setelah mengetahui rekomendasi tempat skydiving di Indonesia, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!