Awal Gemilang Prancis Piala Dunia U-17, Taklukkan Burkina Faso 3-0
Perancis U-17 mengalahkan Burkina Faso U-17 3-0 di Piala Dunia FIFA U-17 2023. (Doc. LOC WCU17/BRY)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Perancis U-17 menunjukkan permainan terbaik saat menaklukkan Burkina Faso U-17 3-0 di pertandingan pertama Grup E Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu, 12 November sore WIB. Di laga itu, Perancis U-17 mendapat dua penalti yang mengantarkan mereka meraih kemenangan.

Perancis meraih kemenangan meyakinkan. Namun mereka harus bekerja keras mengatasi perlawanan Burkina Faso. Apalagi, dalam duel itu, Burkina Faso bermain ngotot.

Mereka bermain dengan penuh semangat di sepanjang permainan. Bahkan di babak pertama, mereka beberapa kali menciptakan peluang bagus. Sayang, tidak ada peluang mereka yang terkonversi gol.

Sebaliknya, Prancis mampu menyelesaikan pertandingan dengan baik. Mereka bermain sangat taktis dan tenang meski menghadapi tekanan dari lawan.

Hanya saja, Perancis baru bisa membobol gawang lawan di babak kedua. Gol Les Bleus dihasilkan Mathis Lambourde di menit 49.

Tertinggal 1-0 tak membuat Burkina Faso kehilangan semangat. Bahkan mereka beberapa kali mengancam gawang Prancis, meskipun lagi-lagi tanpa hasil.

Meski mendapat tekanan, namun Perancis yang mendapatkan keuntungan. Mereka mencetak dua gol dari titik penalti yang diselesaikan dengan baik oleh Joan Tincres (81') dan Tidiam Gomis (87').

Skor 1-0 untuk Perancis bertahan sampai akhir babak pertama. Ini menjadi awal bagus bagi mereka.

"Kami bermain efektif di laga ini sehingga bisa menciptakan tiga gol. Tentu saja puas, karena hasil ini akan membantu kami untuk tetap bersaing di turnamen ini," kata kapten timnas Prancis U-17 Joachim Kayi Sanda.

"Selanjutnya kami harus mempersiapkan diri menjalani laga berikutnya. Seperti bisa dilihat, di babak pertama kami hanya bisa bermain tanpa gol," kata dia melanjutkan.

Sanda pun mengaku mengambil pelajaran dari laga pertama Piala Dunia U-17 ini. Menurutnya penting untuk bermain efektif di manapun timnas bermain dan dengan siapapun lawannya.

"Kami harus bermain sebaik mungkin di setiap pertandinga. Kami bermain dengan determinasi dan keinginan yang sama. Kami ada di Piala Dunia saat ini, dan harus mengerahkan semua kemampuan," ujarnya.