Bagikan:

 

JAKARTA – Manchester United (MU) masih dalam keadaan terpuruk saat menyiapkan diri menyambut Luton Town untuk laga lanjutan Liga Premier Inggris 2023/2024.

Pasukan asuhan Erik ten Hag tersebut akan bertindak sebagai tuan rumah buat Luton di pekan ke-12 kasta tertinggi Inggris itu di Stadion Old Trafford, Sabtu, 11 November 2023 pukul 22.00 WIB.

Setan Merah datang setelah dihantui kekalahan di Liga Champions Eropa melawan Copenhagen pada tengah pekan ini. Namun  hasil tersebut belum menutup kans mereka mendapat tiket babak gugur di kompetisi itu.

Itu merupakan kekalahan ketiga Manchester United dari empat laga fase grup sejauh ini. Hasil yang membuat mereka harus puas menjadi juru kunci di klasemen sementara.

Selain rentetan hasil buruk di kasta tertinggi antarklub Eropa tersebut, MU juga belum mumpuni dalam performa bagus di liga. Dari 11 laga yang sudah dimainkan mereka kalah sebanyak lima kali.

Hanya enam kemenangan sejauh ini membuat Setan Merah bertengger di posisi delapan klasemen sementara dengan 18 poin atau terpaut enam poin dari Arsenal di posisi terakhir empat besar.

Secara total Manchester United sudah menelan sembilan kekalahan dalam 17 pertandingan pembuka musim di semua kompetisi. Itu catatan buruk untuk pertama kalinya sejak musim 1973/1974.

Selain itu, MU juga menjamu Luton setelah menelan lima kekalahan di kandang pada musim ini. Itu adalah jumlah kekalahan terbanyak setelah 10 laga di semua kompetisi sejak 1930/1931 (juga lima kekalahan).

Dua dari lima kekalahan kandang musim ini terjadi beruntun di dua laga terbaru. Dengan demikian, andai kalah melawan Luton maka itu menjadi tiga kekalahan beruntun di Old Trafford sejak Oktober 1962.

Di lain sisi, Luton seharusnya bukanlah lawan yang alot buat MU besok malam. Pasalnya, The Hatters saat ini masih berada di posisi ke-17 klasemen sementara atau berada satu tempat di zona degradasi.

Meskipun masih di dasar klasemen, Luton hadir ke pertandingan ini setelah mengejutkan Liverpool di pekan sebelum saat bermain di kandang. Saat itu mereka menutup laga dengan hasil seri.

Luton tercatat pertama kali menghentikan Man United dalam pertandingan liga di Old Trafford adalah di tahun 1897. Namun, sejak itu The Hatters kalah dalam 18 kunjungan terakhir mereka ke Setan Merah.

Pertandingan besok merupakan pertandingan perdana The Hatters di Old Trafford sejak mengalami kekalahan telak 0-5 di Divisi Pertama (nama sebelumnya Premier League) pada September 1991.

Perkiraan Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): Onana; Wan-Bissaka, Varane, Maguire, Dalot; McTominay, Eriksen; Pellistri, Fernandes, Rashford; Hojlund

Luton Town (5-3-2): Kaminski; Kabore, Mengi, Lockyer, Osho, Doughty; Barkley, Nakamba, Chong; Adebayo, Morris