Profil Peserta Piala Dunia FIFA U-17 2023: Venezuela, Kejar Poin Pertama
Venezuela U-17 berharap bisa menghadirkan kejutan saat berlaga di Indonesia. (FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - Venezuela kembali tampil di Piala Dunia U-17 untuk pertama kalinya setelah 10 tahun. Dan kali ini dengan keberadaan gelandang lincah David Martinez, Venezuela akan mencoba menciptakan sejarah mereka di Piala Dunia FIFA U-17 2023 di Indonesia.

Keberhasilan menggenggam tiket ke Indonesia menjadi prestasi Venezuela yang mengejutkan banyak pihak.

Ini adalah kesempatan kedua Venezuela mendapatkan tempat di turnamen Piala Dunia FIFA U-17. Hal itu tidak terlepas dari penampilan impresif dan cemerlang di Kejuaraan Amerika Selatan U-17 2023.

Di Indonesia, Venezuela berada di Grup F bersama Selandia Baru, Meksiko dan Jerman. Langkah pertama Venenzuela di Piala Dunia FIFA U-17 2023 Indonesia dengan menjamu Selandia baru di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, 12 November. Kemudian laga kedua digelar di tempat yang sama dengan menghadapi Meksiko.

Pertandingan penyisihan grup ketiga dari Venezuela dijalani pada 18 November 2023 dengan meladeni Jerman di Jakarta International Stadium. Laga digelar pada pukul 16.00 WIB.

Meski harus melewati laga penyisihan yang tidak mudah karena ada Jerman dan Meksiko yang menghadang, namun Venezuela siap untuk mewujudkan sejarah baru mereka ajang di Piala Dunia U-17.

Venezuela mengamankan tempat di Indonesia setelah menempati posisi keempat di Kejuaraan Amerika Selatan U-17 2023.

Hanya satu kekalahan dialami dari empat pertandingan yang dijalani dan membawa mereka lolos ke final. Kemenangan atas Chile dan Paraguay, serta hasil imbang saat menghadapi tim kuat Ekuador, memastikan mereka masuk sebagai tim terbaik keempat.

Di Piala Dunia U-17, Venezuela dilatih Ricardo Valino yang menghabiskan sebagian besar karier kepelatihannya di negara asalnya, Argentina.

Valino tercatat pernah menangani tim muda San Lorenzo, River Plate, dan Velez. Dia juga pernah bekerja dengan pemain seperti Javier Saviola dan Radamel Falcao dalam proses karier kepelatihannya.

Pada Maret 2023 lalu, Valino mengambil alih jabatan pelatih timnas Venezuela U-17 dari Fabricio Coloccini. Dan kecemerlanganya langsung membawa kesuksesan luar biasa, dengan membawa tim besutannya lolos ke putaran final Piala Dunia U-17.

Di Indonesia Valino memiliki pemain yang tidak bisa dipandang sebelah mata, salah satunya David Martinez. Pemain muda bernomor punggung 10 tersebut memiliki sebuah bakat yang luar biasa, yang sangat sayang untuk tidak dinikmati saat menggocek bola di tengah lapangan.

Martinez adalah seorang gelandang muda berbakat, dengan insting mencetak gol yang cukup tajam. Dia menjadi top scorer tim di Kejuaraan Amerika Selatan U-17. Sebuah capaian untuk membantu negaranya mencapai putaran final Piala Dunia U-17 yang telah lama ditunggu-tunggu publik Venezuela.

Gelaran Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 menjadi kesempatan kedua Venezuela, setelah turnamen perdana yang diikuti di 2013.

Namun, mereka harus segera melupakan apa yang didapatkan di UEA. Pasalnya, mereka harus kalah dalam pertandingan ketiga mereka, dan hanya mencetak dua gol di babak penyisihan grup.

Venezuela belum pernah unggul di laga yang dijalani di Piala Dunia U-17. Di 2013 satu-satunya gol mereka tercipta saat memperkecil ketertinggalan melawan Tunisia. Sementara gol lainnya dilesakkan untuk menyamakan kedudukan saat bersua dengan Jepang.