Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-17 bakal tampil di Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada 10 November-2 Desember. Pada agenda itu skuad asuhan Bima Sakti ditarget untuk lolos ke babak 16 besar.

Terkait target itu, Bima Sakti sang pelatih tak merasa terbebani. Ia hanya meminta timnya agar tetap bermain dengan lepas tanpa perlu memikirkan target yang diminta karena momen ini adalah kesempatan langka. 

“Mereka juga sadar itu bahkan ini yang mungkin kesempatan seumur hidup buat buat mereka karena habis ini mereka di U-18 itu U-19. Jadi mereka sadar bahwa tanggung jawabnya besar. Yang pasti kita fokus di setiap pertandingan,” ujar Bima Sakti pada Senin 30 Oktober selepas memimpin latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Bima Sakti menegaskan ia telah menyiapkan tim pelatih untuk menganalisa kekuatan lawan. Pada Piala Dunia U-17 2023, timnas U-17 akan tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko.

“Tim pelatih sudah bagi tugas, ada berapa pelatih menganalisa tim Ekuador, kemudian juga Panama, serta Maroko,” jelasnya. 

Bima menambahkan, tim pelatih yang ditugaskan menganalisa ini sudah mempersiapkan potongan-potongan video lawan dan akan dibahas bersama-sama lagi nanti sebagai materi persiapan tim.

“Juga akan hadir Coach Frank di tim, Coach Indra, juga akan kita bahas dari materi video lawan apa yang harus kita persiapkan melawan tiga tim itu nanti,” bebernya. 

Terkait performa tim, Bima yakin materi pemain timnas U-17 yang ada saat ini bisa jadi landasan yang bagus untuk kekuatan timnas ke depannya.

“Kami optimistis makanya kami persiapkan adik-adik ini sebaik mungkin secara mental semuanya, fisik, teknik,” ujarnya.

“Mereka kemudian kami berharap nanti di U-20 bisa jadi tulang punggung bahkan sampai di timnas senior,” tegasnya.