Kapan Waktu yang Tepat Anak Diajarkan Bersepeda: Berikut Uraiannya
Kapan Waktu yang Tepat Anak Diajarkan Bersepeda

Bagikan:

YOGYAKARTA - Melihat si buah hati tertawa sembari mengayuh sepeda mungil tentu jadi pemandangan yang tidak terlupakan untuk orang tua. Tetapi, kapan waktu yang tepat anak diajarkan bersepeda?

Memang, bersepeda ialah salah satu mainan anak yang dapat berikan banyak manfaat buat anak, semacam bisa melatih motorik kasar anak serta melindungi kesehatan jantung.

Kapan Waktu yang Tepat Anak Diajarkan Bersepeda

Walaupun demikian, pasti kita tidak dapat sembarangan berikan sepeda pada anak. Umumnya, anak baru betul-betul dapat mengayuh dikala mereka berumur 3-8 tahun.

Tetapi, umur 2-3 tahun, sesungguhnya kita telah dapat mengajarkan si kecil buat mengayuh sepeda secara perlahan-lahan. Kalian dapat memakai sepeda roda 3 yang memanglah dirancang spesial buat anak belajar bersepeda.

Kemudian, Apa Saja Jenis Sepeda Anak?

Biar kalian dapat memberikan sepeda yang cocok dengan umur si kecil, ikuti 2 tipe sepeda anak berikut ini.

1.Sepeda Keseimbangan

2. Sepeda Roda 3

3. Sepeda Dengan Roda Tambahan 

Tata cara Mengajari Anak Bersepeda

Terdapat banyak metode buat mengajari anak mengayuh sepeda. Tetapi, keinginan buat belajar tersebut wajib datang dari anak sendiri. Selaku orang tua, kita tidak dapat memaksakannya buat belajar bersepeda, namun kita dapat mengajari mereka tata cara bersepeda.

Tata cara awal, kasih sepeda keseimbangan terlebih dulu supaya mereka mengenal perlengkapan satu ini. Apabila anak mulai tumbuh besar, kalian dapat memberikan sepeda roda 3 ataupun sepeda roda 2 dengan roda bantuan.

Kalian dapat menemaninya sambil memegang dari belakang. Apabila mereka telah dapat berjalan lurus, secara perlahan-lahan kalian dapat melepaskannya serta membiarkan mereka mengayuh sendiri.

Berikutnya, ajari si kecil metode berbelok serta berhenti. Cari tikungan halus yang sepi buat mengajari anak metode menyeimbangkan sepeda kala berbelok.

Yakinkan kalian mengarahkan anak di tempat yang luas. Bila kalian tidak mempunyai perkarangan rumah, kalian dapat melaksanakannya di tempat parkir yang sepi ataupun halaman.

Tetapi, pastikan kalian mengarahkan si kecil bersepeda di zona rerumputan biar jika si kecil jatuh, tidak terlalu sakit. Kalian pula dapat memperlengkapi buah hati dengan perlengkapan pengaman, semacam helm, ataupun bantalan lutut buat menghindari cidera parah.

Nah, itu dia waktu, jenis, serta tata cara mengajarkan sepeda yang pas buat si kecil. Jadi setelah kapan waktu yang tepat anak diajarkan bersepeda, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!