Eks Pemain Pinjaman MU Loloskan Austria ke Euro 2024
Austraia merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Euro 2024 setelah mengalahkan Azerbaijan. (Twitter @EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Austria melaju ke putaran final Euro 2024. Langkah Austria ditentukan lewat kemenangan 1-0 atas Azerbaijan dalam duel kualifikasi Grup F di Stadion Tofiq Bakhramov, Selasa, 17 Oktober dini hari WIB. Eks pemain pinjaman Manchester United Marcel Sabitzer yang meloloskan Austria mendampingi Belgia ke Jerman.

Austria menunjukkan konsistensi dengan berlaga di turnamen besar di benua biru. Keberhasilan lolos putaran final Euro 2024 merupakan yang ketiga kalinya secara berturut-turut.

Bahkan pada gelaran terakhir, Euro 2020, Austria sempat menembus 16 besar sebelum disingkirkan Italia 2-1. Italia sendiri kemudian menjadi juara setelah mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti.

Dalam perjalanan kualifikasi Euro 2024, Austria bersaing dengan Belgia dan Swedia. Sementara, Azerbaijan dan Estonia masih menjadi pelengkap saja.

Hasilnya memang tak jauh dari prediksi. Belgia, tim bertabur bintang, tak kesulitan lolos ke putaran final dengan menjadi juara grup.

Pada laga terakhir melawan Swedia yang digelar di kandang Belgia terpaksa ditunda karena adanya serangan teroris yang menewaskan dua orang. Insiden itu terjadi sebelum pertandingan.

Apa pun hasil pertandingan Belgia melawan Swedia yang mengalami penundaan ini, Austria tetap lolos ke putaran final. Kemenangan atas Azerbaijan menjadikan Das Team mengukuhkan posisinya di peringkat dua dengan mengumpulkan poin 16.

Mereka unggul 10 poin dari Swedia yang berada di posisi tiga. Meski Swedia masih menyisakan tiga pertandingan lagi, namun mereka sudah tak bisa mengejar perolehan poin Austria.

Di pertandingan itu, Austria tetap bekerja keras demi meraih tiga poin. Mereka sempat kesulitan menembus pertahanan tuan rumah.

Austria akhirnya berhasil memecah kebuntuan di babak kedua. Gol tim tamu dihasilkan Sabitzer dari titik penalti di menit 48.

Sabitzer yang musim lalu dipinjam MU dari Bayern Munchen menuntaskan eksekusi dengan baik.

Skor 1-0 untuk Austria. Tidak ada lagi gol tercipta dan skor itu bertahan sampai akhir pertandingan.