Jalani Tes Tertutup Jelang Danau Toba Rally 2023 dengan Mobil Baru, Ada yang Bikin Sean Gelael Merasa Takut
Pebalap Sean Gelael melakukan tes tertutup jelang Danau Toba Rally 2023. (Foto: Dok.Pribadi)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Sean Gelael menjajal mobil reli barunya Hyundai i20 N dalam sebuah tes tertutup untuk menyambut Danau Toba Rally 23-24 September mendatang.

Tes tertutup itu diadakan sepanjang Selasa, 19 September, di area Gorbus, yang tidak memakai jalur SS (special stage) karena beberapa peserta masih melakukan survei SS di sana.

"Mobil Hyundai ini sangat bagus di gravel dan tadi benar-benar saya rasakan kekuatannya. Ada satu area menakutkan tapi saya dan Hugo senang bisa relatif mulus melintas di sana," ujar Sean.

Area menakutkan dimaksud adalah di mana bagian samping lintasan berupa jurang. Namun, Sean tetap berusaha melaju kencang setipis mungkin jaraknya dari pinggir.

Proses adaptasi Sean dengan Hyundai baru ini terhitung sangat cepat. Pada run awal di pagi hari ia bersama co-driver Hugo Magalhaes memanfaatkan pengenalan mobil Hyundai i20, tetapi pada run kedua dia sudah bisa gaspol.

Sean sendiri kemudian mencoba beberapa mobil lain bersama Daniel Silva. Daniel adalah engineer dari Sports and You sebagai tim teknis Jagonya Ayam Motorsport.

"Seperti biasa, kami mencoba beberapa setelan mobil dan saya banyak berdiskusi dengan Daniel [Silva] yang baru saja datang dari Portugal," kata Sean.

Adapun sesi siang hingga sore hanya Sean/Hugo yang menjalani tes, sedangkan Ricardo/Gabriel tak melanjutkan latihan.

"Saya mesti menyimpan energi dan sesi pagi rasanya sudah cukup. Terpenting adalah komunikasi saya dan Gabriel kian membaik," kata Ricardo, yang memilih jadi penonton Sean.

Karena melakukan tes tertutup, Sean dan Ricardo dengan sendirinya tak mengikuti official practice dari panitia di daerah Aek Nauli. H. Rahmat yang juga mengendarai Hyundai i20 N menjadi yang tercepat di practice tersebut.

Reli Danau Toba 23-24 September ini adalah putaran ketiga Kejurnas Reli dan putaran kelima Asia Pacific Rally Championship (APRC). Putaran final APRC nantinya juga digelar di Danau Toba pada November 2023.

Jadwal Danau Toba Rally 2023

Sabtu, 23 September

SS1 - Negeri Dolok 1 (10,96 km)

SS2 - Huta Tonga 1 (16,67 km)

SS3 - Tobasari Gorbus (25,65 km)

SS4 - Negeri Dolok 2 (10,96 km)

SS5 - Huta Tonga 2 (16,67 km)

Minggu, 24 September

SS6 - Negeri Dolok Reverse (10,84 km)

SS7 - Huta Tonga Reverse (16,42 km)

SS8 - Tobasari Gorbus (25,65 km)