Diwarnai Red Flag, Inilah Hasil Lengkap Balap MotoGP Catalunya
Aleix Espargaro, pebalap tim Aprilia juara seri MotoGP Catalunya 2023 di Sirkuit Barcelona pada Minggu 3 September. (Antara/AFP/Luis Gene)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap tim Aprilia, Aleix Espargaro mampu meraih double home dream setelah meraih podium pertama di MotoGP Catalunya 2023, Minggu (3/9). Sebelumnya, Espargaro juga mampu memenangi Sprint Race yang berlangsung Sabtu (2/9).

Selain Espargaro, tim Aprilia juga meraih podium melalui Maverick Vinales yang menyelesaikan lomba di belakang Espargaro.

Sepanjang balapan, Espargaro terus membuntuti Vinales yang memimpin di depan. Espargaro mulai melakukan manuver untuk menyalip rekan setimnya itu di enam lap terakhir. Manuver tersebut memaksa Vinales melebar dengan empat lap tersisa.

Kondisi ban depan pada motornya yang aus membuat Vinales kesulitan untuk mengejar Espargaro sehingga harus puas dengan raihan podium kedua. Pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin menyelesaikan lomba di posisi ketiga, setelah mengalahkan rekan setimnya, Johann Zarco dan pebalap RNF Aprilia, Miguel Oliveira.

Balapan di MotoGP Catalunya sempat dihentikan setelah banyaknya kecelakaan, termasuk yang dialami Francesco Bagnaia. Sang juara bertahan mengalami cedera kaki sehingga harus dibawa dengan ambulans ke rumah sakit setempat.

Saat balapan memasuki tikungan pertama, Enea Bastianini yang start dari posisi ke-14 setelah terkena penalti mencoba bermanuver ke dalam lintasan. Sayangnya, dia tetapi kehabisan ruang dan terjatuh dengan menyeret Johann Zarco, Fabio di Giannantonio, Alex Marquez dan Marco Bezzecchi.

Semua pebalap kecuali Bagnaia dan Bastianini dapat melakukan restart, dari posisi grid semula. Brad Binder, yang kehabisan ban depan tipe medium, terpaksa memasang ban keras untuk memulai kembali, tetapi mundur setelah hanya beberapa lap.

Dua mantan juara, Marc Marquez dan Fabio Quartararo bersaing ketat di lap-lap awal, sebelum Quartararo menempatkan Yamaha-nya di bawah Marquez saat Honda melebar dan mengambil alih posisi kedelapan. Pebalap Prancis yang masih menggunakan fairing M1 lama mengakhiri balapan di posisi tujuh, sementara Marquez di posisi ke-13.

Hasil MotoGP Catalunya 2023:

1. Aleix Espargaro (SPA) Aprilia Factory

2. Maverick Vinales (SPA) Aprilia Factory

3. Jorge Martin (SPA) Pramac Ducati

4. Johann Zarco (FRA) Pramac Ducati

5. Miguel Oliveira (POR) RNF Aprilia

6. Alex Marquez (SPA) Gresini Ducati

7. Fabio Quartararo (FRA) Monster Yamaha

8. Jack Miller (AUS) Red Bull KTM

9. Augusto Fernandez (SPA) Tech3 GASGAS

10. Fabio Di Giannantonio (ITA) Gresini Ducati

11. Luca Marini (ITA) Mooney VR46 Ducati

12. Marco Bezzecchi (ITA) Mooney VR46 Ducati

13. Marc Marquez (SPA) Repsol Honda

14. Franco Morbidelli (ITA) Monster Yamaha

15. Takaaki Nakagami (JPN) LCR Honda

16. Iker Lecuona (SPA) LCR Honda

17. Joan Mir (SPA) Repsol Honda