Bagikan:

JAKARTA - Timnas basket putra Spanyol akan menghadapi Brasil di lanjutan fase Grup G FIBA World Cup 2023. Meski tanpa Raul Neto yang jadi andalan, Brasil masih menjadi tim yang harus tetap diwaspadai bagi Spanyol.

Pertemuan kedua tim akan terjadi di Indonesia Arena, Senayan pada Senin, 28 Agustus pukul 20.30 WIB. Laga ini berpotensi menjadi penentu dalam merebut gelar juara grup. 

Sayangnya di laga sepenting itu timnas Brasil malah kehilangan Raul Neto. Sang point guard mengalami cidera pada kuarter ketiga pertandingan pembukaan Grup G antara Brasil dan Iran. 

Ia mengalami cedera pada tendon patella di lutut kanannya. Insiden ini mengakibatkan ia harus meninggalkan lapangan dan dengan kepastian bahwa ia tidak akan dapat berkontribusi untuk timnya hingga FIBA World Cup 2023 berakhir. 

Meski tidak diperkuat Neto yang musim lalu membela klub NBA Cleveland Cavaliers, Brasil nyatanya masih dirasa cukup membahayakan bagi Spanyol. Hal ini disampaikan pelatih Sergio Scariolo saat ditanya tentang pendekatannya untuk game krusial melawan Brasil.  

"Rasa hormat kepada banyak pemain hebat di tim Brasil, dari Marcelinho (Huertas) sebagai pemimpin hebat, ke (Bruno) Caboclo, (Vitor) Benite yang dalam bentuk terbaik, (Leonardo) Meindl dan (Timothy Luis) Soares yang bermain luar biasa," dalam keterangan dari LOC FIBA World Cup 2023.

"Yago (Santos) pemain bertalenta super dan (Lucas) Dias juga penembak hebat, bigman yang bagus. Maksud saya, ini tim yang sangat sangat kuat," ucapnya. 

Bagi Scariolo pikiran untuk menembus perempat final masih jauh di bayangan dan timnya. Sebab saat ini yang terpenting bagi Spanyol adalah bisa menyelesaikan seluruh pertandingan pada fase grup. 

Dia mengatakan, Spanyol harus melewati Brasil di grupnya dan kemudian dua lawan di Grup H untuk bisa lolos ke babak gugur. Namun, tampaknya Scariolo tak menduga Latvia berhasil mengalahkan Prancis. 

"Kami harus melewati Perancis, Kanada, dan Brasil yang sangat-sangat menuntut," katanya

Spanyol sendiri masih diragukan bisa menurunkan Alex Abrines. Pasalnya sang pemain sempat  mendapatkan benturan pada lututnya saat melawan Pantai Gading pada laga pertama sehingga dipastikan akan tampil pada pertandingan kedua.